Waspada, Jangan Konsumsi Parasetamol saat Hamil

IDNews.co.id – Siapa yang tidak kenal parasetamol? Banyak yang mengetahui obat itu sebagai penurun demam badan. Tapi, bila dikonsumsi terus menerus oleh Ibu hamil, dapat beresiko bahaya untuk kesuburan janin wanita nantinya.

Dilansir dari Zeenews, para ilmuwan dari University of Edinburgh di Skotlandia menemukan kalau ovarium manusia yang terkena obat parasetamol selama seminggu berturut-turut dapat menurunkan 40 persen sel telur anak perempuannya yang dikandung.

Artinya, anak perempuannya yang lahir nantinya dapat mengalami penurunan jumlah sel telur. Alih-alih saat beranjak dewasa dapat mengalami menopause awal.

Diperkirakan parasetamol dan ibuprofen mengganggu hormon yang dimaksud prostaglandin E2. Hal ini bertindak mutlak dalam pengembangan system reproduksi janin.

” Studi ini mengidentifikasi resiko mungkin penggunaan parasetamol atau ibuprofen, kendati kita tidak paham persis dampaknya pada kesehatan manusia sesuai dosis yang dibutuhkan, ” kata Peneliti dari Skotlandia Richard Sharpe.

Sementara itu, masih di study yang sama, pada janin lelaki dapat pula mengalami penurunan sperma selama hidupnya. Tetapi, resikonya tidak demikian serius dan mesti di teliti selanjutnya.

Dalam study itu, tim itu menguji dampak parasetamol dan ibuprofen pada testis janin manusia dan ovarium selama seminggu. Peneliti mengkalkulasi sel kuman yang beralih jadi sperma dan telur.

Hasilnya, study yang dipresentasikan pada konferensi Fertility 2018 di Liverpool itu menemukan, di ovarium, jumlah sel telur turun sampai 40 persen, sedangkan pada tes jumlah sel kuman menyusut lebih dari seperlima. Temuan ini berikan peringatan awal untuk wanita hamil untuk mengurangi pemanfaatan parasetamol jika memang perlu. (ndi)

Posting Waspada, Jangan Konsumsi Parasetamol saat Hamil ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

Leave a Reply