Trans Serasi Sukses, Tabanan jadi Panutan Transportasi Publik Indonesia

IDNews.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabanan, Bali melalui program Trans Serasi, berhasil menurunkan angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas. Keberhasilan pemkab Tabanan, Bali tersebut menjadikannya sebagai role model pelayanan transportasi publik dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Ditemui dikantornya pada, Senin (12/12). Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti bersyukur dan berterimakasih karena telah diberikan kepercayaan oleh Kemenhub sebagai role model pelayanan transportasi publik Indonesia.

“Saya disini mewakili masyarakat Tabanan berterimakasih kepada Kemenhub karena telah memilih Tabanan sebagai role model, saya berharap sistem yang ada di Tabanan bisa diduplikasi dan diaplikasikan dengan lebih baik lagi oleh daerah lainnya. Saya pun bersyukur karena apa yang kami lakukan bisa menginspirasi daerah lain. Kami sangat terbuka bagi siapa saja yang ingin belajar di Tabanan. Semoga apa yang masyarakat Tabanan lakukan bisa menginspirasi daerah daerah lainnya untuk menjadi lebih baik lagi,” pungkas Bupati Eka.

Bupati Tabanan Bali Ni Putu Eka Wiryastuti didampingi oleh Kepala Dinas Perhubungan I Made Agus Hartawiguna meresmikan moda transportasi Trans Serasi dijadikan sebagai role model pelayanan transportasi publik dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Keresahan Bupati Eka akan tingkat kecelakaan atas pelanggaran lalu lintas di Tabanan, membuatnya melakukan trobosan transportasi publik. “Trans Serasi merupakan moda transportasi publik gratis untuk siswa sekolah. Trans Serasi kami ciptakan untuk mengurangi tingkat kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas yang terjadi kepada anak sekolah. Kami sudah memulai program ini sejak 2014, semula hanya ada 57 kendaraan dan sekarang sudah ada 143 kendaraan,” ujar Bupati Eka.

Selain menjadi role model pelayanan transportasi publik dari Kemenhub, Trans Serasi mendapatkan penghargaan dari UNICEF. Pemkab Tabanan dianggap sebagai daerah yang memperdulikan keselamatan anak-anak dari Kecelakaan.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tabanan, I Made Agus Hartawiguna menjelaskan bahwa respon masyarakat terhadap Trans Serasi sangat positif. “Respon masyarakat sangat baik karena tahun ini kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas mendapatkan predikat zero accident,” ungkap Agus.

Bupati Tabanan Bali Ni Putu Eka Wiryastuti meninjau moda transportasi Trans Serasi dijadikan sebagai role model pelayanan transportasi publik dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Faktor lain yang menjadikan Trans Serasi mendapatkan nilai terbaik pada kategori pelayanan transportasi publik adalah, meningkatnya kesejahteraan supir angkutan desa/kota. “Sekarang membeli motor sangat mudah dan murah, sehingga semakin sedikit masyarakat yang menggunakan kendaraan umum. Anggaran program ini adalah 7,3 Milyar dan anggaran tersebut kami alokasikan untuk perawatan mobil serta remunerasi para pengemudi. Trans Serasi telah dirasakan manfaatnya oleh lebih dari 7775 Siswa di 7 Kacamatan Tabanan, Kedepannya kami akan berusaha agar dapat terus menambah armada maupun hubungan kerjasama dengan pihak lainnya sehingga manfaat Trans Serasi dapat dirasakan oleh seluruh Kecamatan di Tabanan,” tandasnya. (ndi)

Posting Trans Serasi Sukses, Tabanan jadi Panutan Transportasi Publik Indonesia ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

Leave a Reply