Tolak Pabrik Semen, Petani Kendeng Kembali Demo Istana Negara

Para petani Kendeng saat demo Istana Merdeka menolak pabrik semen.

Jakarta, Cakrawalanews.co – Para petani pegunungan Kendeng yang tergabung dalam Jaringan Masyarakat Peduli Pegunungan Kendeng (JM-PPK) terus menyuarakan nasibnya dengan menggelar aksi demonstrasi di depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (4/9/2017).

Dalam aksi demo kali ini, JM-PPK mendirikan tenda dan menggelar aksi teatrikal serta berorasi. Para petani asal Kendeng mulai mendirikan tenda menggunakan terpal berwarna biru. Mereka meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghentikan pabrik semen yang masih beroperasi di tempat tinggalnya.

“Hari ini kami mendirikan tenda untuk menghentikan pabrik semen di Rembang yang menyalahi aturan dan melakukan pelanggaran-pelanggaran selama ini,” kata seorang orator pria, Ngatiban di depan tenda biru.

Menurutnya, pabrik semen tidak mematuhi aturan terkait penambangan di cekungan air tanah (CAT) Watuputih kawasan pegunungan Kendeng. Pasalnya sudah disepakati untuk tidak melakukan penambangan sesuai kesepakatan Kajian Lingkungan Hidup Stategis (KLHS) yang dikeluarkan oleh Kantor Staf Kepresidenan (KSP).

“Dulu kami minta Kajian Lingkungan Hidup Stategis (KLHS), ternyata tidak dipenuhi oleh pihak semen, sampai sekarang pun pabrik semen melakukan aktivitas kerusakan lingkungan terus menerus,” ucap orator wanita, Sukinah.

“Kami meminta kepada yang memangku kebijakan, supaya memerintahkan pabrik semen dan orang yang tidak mematuhi ditindak,” sambung Sukinah.(dtc/ziz)


Sumber :cakrawala — Tolak Pabrik Semen, Petani Kendeng Kembali Demo Istana Negara

Leave a Reply