Tips Memotret Kembang Api dengan Kamera Smartphone

IDNews.co.id – Penggunaan kamera dalam sebuah smartphone sudah makin umum, bahkan sebagian smartphone diberi kamera dengan spesifikasi tinggi. Namun kenyataannya tidak semuanya peristiwa dapat diabadikan menggunakan kamera smartphone dengan baik seperti kamera pro, sebut saja umpamanya memotret kembang api. Dengan sedikit penyusunan, memotret kembang api bisa juga dilakukan menggunakan kamera smartphone. Nah, berikut sebagian anjuran memotret kembang api menggunakan kamera smartphone.

STABIL

Yang perlu diperhatikan pertamakali ketika akan memotret kembang api adalah usahakan agar posisi smartphone stabil. Penggunaan tripod disarankan untuk membuat smartphone stabil. Tempatkan tripod di tempat yang stabil dan rata. Selain penggunaan tripod sebagai alat untuk membuat posisi smartphone tetap stabil, smartphone dengan kamera yang dilengkapi OIS (Optical Image Stabilization) bisa menjadi pilihan yang bagus.

MATIKAN FLASH

Flash seringkali digunakan untuk memotret dalam keadaan yang rendah cahaya, namun untuk memotret kembang api sangat disarankan untuk mematikan flash. Mematikan flash secara efektif membuat langit terlihat lebih bersih sehingga membuat cahaya kembang api menjadi lebih jelas.

MATIKAN DIGITAL ZOOM

Teknologi digital zoom biasa dipakai untuk menangkap objek yang jauh, namun untuk memotret kembang api fitur ini tidak diperlukan, karena akan menurunkan kualitas gambar meskipun gambar menjadi lebih jelas.

MATIKAN FITUR HDR/ AUTO-HDR

Sama seperti fitur-fitur sebelumnya, fitur HDR atau Auto-HDR lebih baik juga dimatikan jika ingin memotret kembang api. Menghidupkan fitur ini memungkinkan gambar yang tertangkap menjadi lebih blur.

ATUR ISO

Beberapa kamera smartphone sudah dilengkapi dengan fitur Pro yang memungkinkan pengguna mengatur beberapa pengaturan kamera layaknya kamera pro. Untuk memotret kembang api, atur ISO ke angka yang lebih rendah. Menaikkan angka ISO memang bisa meningkatkan detail gambar dalam gelap, tetapi untuk kembang api akan lebih baik jika cahayanya tertangkap dengan baik. ISO yang rendah juga mengurangi kemungkinan terjadinya overexposured.

ATUR APERTURE

Atur aperture untuk memungkinkan mengatur cahaya yang masuk ke kamera.

GUNAKAN FITUR BURST MODE

Burst Mode bisa dihidupkan untuk menangkap beberapa gambar sekaligus. Hal ini tentunya akan sangat membantu memilih gambar mana yang paling baik dan menghapus sisa gambar yang kurang baik.(ndi)

Posting Tips Memotret Kembang Api dengan Kamera Smartphone ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

Leave a Reply