Ternyata Begini Cara Teh Menyehatkan Pembuluh Darah Kita

DokterSehat.Com– Anda suka minum teh? Salah satu minuman yang memiliki rasa yang nikmat ini memang digemari oleh banyak orang. Untungnya, teh juga termasuk dalam minuman yang bisa memberikan banyak sekali dampak positif bagi kesehatan tubuh. Sebagai contoh, teh dikenal luas mampu menyehatkan pembuluh darah arteri. Bagaimana cara minuman ini melakukannya?

doktersehat-teh-hijau-matcha

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa teh bisa mempengaruhi endothelium, lapisan yang ada dalam pembuluh darah arteri yang bisa mempengaruhi resiko berbagai penyakit berbahaya layaknya stroke, penyakit jantung, diabetes, kanker, dan lain sebagainya. Yang menjadi masalah adalah, endothelium hanya akan berfungsi dengan maksimal hingga usia kita 30 tahun. Setelahnya, proses regenerasinya akan terus menurun dan bahkan sangat buruk jika usia kita melewati 50 tahun. Hal ini akan membuat resiko terkena berbagai penyakit berbahaya semakin meningkat.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Tiongkok, disebutkan bahwa kebiasan mengkonsumsi teh hijau murni, bukan yang telah dicampur dengan bahan lain seperti gula atau susu, ternyata akan memperbaiki fungsi endothelium ini dengan signifikan. Bahkan, efek ini bisa didapatkan setengah jam setelah mengkonsumsi teh. Efek ini diperkirakan beasal dari kandungan flavonoid yang ada dalam daun teh.

Penelitian lain yang dilakukan di Inggris menyebutkan bahwa jika kita mencampurkan teh dengan bahan lain seperti susu akan membuat kita tidak bisa mendapatkan manfaat sehat dari teh ini meskipun kedua minuman ini baik bagi kesehatan. Bahkan, resiko untuk terkena penyakit jantung koroner bisa meningkat dengan signifikan.

Melihat adanya fakta ini, sering-seringlah mengkonsumsi teh, khususnya teh hijau agar membuat pembuluh darah dan jantung menjadi semakin sehat. Hanya saja, pastikan untuk tidak mencampurkan dengan bahan lainnya agar bisa mendapatkan manfaat kesehatannya.

Source: http://doktersehat.com/ternyata-begini-cara-teh-menyehatkan-pembuluh-darah-kita/

Leave a Reply