Temukan Empat Pelanggaran, Polisi Jerat Pemilik Pabrik Petasan di Kosambi

IDNews.co.id – Kasus tragedi terbakarnya pabrik petasan di Tangerang terus bergulir. Polisi menemukan empat pelanggaran yang dilakukan oleh PT Panca Buana Cahaya Sukses milik Indra  Liyono terkait tragedi yang menewaskan 49 pekerja tersebut. Temuan tesebut langsung membuat sang bos pabrik petasan ini menjadi tersangka dalam tragedi maut tersebut.

Kapolrestro Tangerang Kombes Pol Harry Kurniawan mengatakan, empat pelanggaran itu ditemukan oleh tim investigasi dari sejumlah lembaga terkait dalam menguak peristiwa kebakaran pabrik pembuat petasan. Yakni Polrestro Tangerang, Polda Metro Jaya, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, serta Pemkab Tangerang.

“Ada empat pelanggaran yang ditemukan di lokasi setelah tim melakukan investigasi mendalam terkait tragedi ini. Kami pun sudah menyerahkan laporan tersebut ke penyidik Polda Metro untuk dijadikan barang bukti menjerat pemilik pabrik ini,” katanya kepada wartawan kemarin (30/10).

Harry menyebutkan, keempat pelanggaran yang dilakukan itu adalah izin usaha dengan manufaktur alias pengemasan petasan dengan mempekerjakan 10 orang pekerja.

Lalu, tidak adanya kesehatan dan keselamatan kerja (K3) oleh bos pabrik kepada para pekerja sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) dalam hal penimbunan, penggunaan, kemudian produksi bahan berbahaya. Mempekerjakan anak di bawah umur untuk meracik dan mengemas petasan serta kembang api. Serta perusahaan tidak mendaftarkan para karyawannya ke BPJS Ketenagakerjaan sebagai peserta asuransi dari pemerintah.

“Itu pelanggaran yang terbukti dilakukan oleh Indra  Liyono. Jadi apapun alasannya keberadaan pabrik ini sudah menyalahi aturan pemerintah pusat dan daerah. Polda masih mendalami soal perizinan pabrik petasan ini,” ungkapnya.

Dengan terbongkarnya kesalahan itu, sambung Harry, kepolisian berharap Pemkab Tangerang segera mengevaluasi izin gudang dan perusahaan yang sudah dikeluarkan. Sebab, ditakutkan penyalahgunaan perizinan untuk mendapatkan untung besar dari legalitas yang diberikan.

“Kami akan bantu Pemkab memeriksa perizinan pergudangan ini, baik dari lokasi dan kegiatan usaha yang dilakukan. Jangan sampai kasus ini terulang lagi,” imbuhnya. (ndi)

Posting Temukan Empat Pelanggaran, Polisi Jerat Pemilik Pabrik Petasan di Kosambi ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

Leave a Reply