Teh Hijau dan Teh Oolong, Apa Bedanya?

DokterSehat.Com– Minuman teh sangat mudah didapatkan karena teh menjadi minuman yang disukai banyak orang. Selain rasanya yang enak teh memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Tidak heran jika kita melihat banyak sekaili produsen minuman yang berlomba-lomba menciptakan produk baru teh. Jenis dan kandungan yang terdapat pada teh menjadi keunggulan masing-masing produk minuman tersebut. Jenis teh yang nge-tren belakangan ini adalah the hijau disusul kemudian dengan jenis teh yang sudah mulai dikenal banyak orang yaitu teh oolong. Kedua jenis teh ini sama-sama memiliki kandungan yang bermanfaat, kira-kira apa bedanya antara teh hijau dan teh oolong?

doktersehat-teh-hijau-matcha

Produk olahan teh umumnya dibentuk menjadi tiga jenis yaitu teh hitam, teh hijau, dan teh oolong. Umumnya semua jenis teh ini menggunakan bahan baku dari daun teh yang sama, namun yang membedakan ketiga jenis teh ini adalah lama proses frementasinya. Teh hijau tidak mengalami proses frementasi. Sehingga teh hijau hanya melalui proses pengeringan setelah daun dipetik. Sedangkan pada teh oolong mengalami separuh proses fermentasi. Pada teh oolong setelah daun dilayukan kemudian melalui proses pemanasan.

Beberapa jenis kandungan yang terdapat pada teh hijau maupun teh oolong umumnya sama, namun biasanya yang membedakan adalah kadar kandungan pada masing-masing jenis teh tersebut. Salah satu kandungan yang sama-sama terdapat pada keduanya adalah katekin. Katekin terbukti mampu memberi efek pada penurunan berat badan karena memiliki sifat antiangiogenik yang dapat mencegah obesitas.

Pada teh oolong kandungan katekin menunjukkan hasil yang nyata pada pembakaran lemak tubuh. Hal ini didudkung dengan penelitian yang dilakukan Universitas Kristen Maranatha pada 2016 yang membuktikan adanya penurunan berat badan yang bermakna pada konsumsi seduhan teh oolong 8 gram perhari selama 6 minggu pada laki-laki dewasa.

Konsumsi teh baik dalam bentuk teh hijau maupun teh oolong sama-sama memiliki khasiat bagi tubuh. Agar tubuh mendapatkan manfaat dari teh, selalu pastikan agar kita mengonsuminya secara rutin dan dalam takaran yang tepat ya..

Source: http://doktersehat.com/teh-hijau-dan-teh-oolong-apa-bedanya/

Leave a Reply