Tahun Ini, Gus Dur Bakal Diusulkan jadi Pahlawan Nasional

IDNews.co.id – Pendiri Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Lafran Pane dan Presiden ke-4 RI KH Abdurrahman Wahid atau yang akrab disapa Gus Dur dinominasikan memperoleh gelar Pahlawan Nasional tahun ini.

Pernyataan tersebut diungkapkan Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa disela-sela persiapan jumpa pers tiga tahun pemerintahan Jokowi-JK di kantornya, Kamis (19/10).

Menurut Khofifah, selain dua nama tersebut masih ada sejumlah nama yang bakal diusulkan menerima gelar pahlawan nasional pada 2017.

“Sembilan nama tokoh dari delapan provinsi dan kami sudah menerima laporan hasil pembahasan Tim Peneliti Pengkaji Gelar Pusat (TP2GP),” imbuh dia.

Usulan tersebut, lanjutnya, sudah sesuai dengan undang-undang nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan. Dalam membahas usulan tersebut, Kemensos dibantu oleh TP2GP.

Nantinya, hasil pembahasan TP2GP tersebut akan diteruskan kepada Presiden melalui Dewan Gelar Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan. Perlu diketahui, TP2GP sendiri terdiri dari 13 orang yang beranggotakan dari unsur TNI, Polri, Perpustakaan Nasional, Kementerian Sekretariat Negara dan Sejarawan.

Hingga kini, pemerintah telah menganugerahkan 169 gelar Pahlawan Nasional bagi mereka yang dianggap telah berjuang dan berjasa kepada bangsa dan negara. (ndi)

Posting Tahun Ini, Gus Dur Bakal Diusulkan jadi Pahlawan Nasional ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

Leave a Reply