Tahun Ini, BKN Pastikan PNS Tak Naik Gaji

IDNews.co.id – Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyatakan tidak ada kenaikan gaji Pegawai Negeri Sipil atau Aparatur Sipil Negara pada tahun ini. Tapi, pemerintah mempersiapkan kompensasi atas ketentuan tidak naiknya gaji itu.

Direktur Kompensasi ASN BKN Aswin Eka Adhi diambil dari laman resmi BKN, Selasa, 13 Februari 2018 mengonfirmasi hal itu. Menurut dia, dalam pengaturan skema gaji PNS 2018, BKN bergerak berdasarkan Nota Keuangan dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2018.

Sebagai kompensasi, menurut dia, PNS di pastikan akan mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) sebesar gaji pokok. Hal itu sesuai dengan APBN 2018.

Kenaikan gaji PNS, menurut dia, terakhir dilakukan pada 2015 yaitu sebesar 6 persen. Kenaikan gaji PNS dengan cara berarti sempat terjadi pada 2001, mencapai 270 persen.

Hal itu sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 26 Tahun 2001 pengganti Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 1997 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977 tentang Peraturan Gaji PNS.

“Untuk system penggajian PNS masih merujuk pada Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977 tentang Peraturan Gaji PNS, dan system penggajian itu berlaku sama buat PNS pemerintah pusat dan daerah, ” ungkap Aswin.(ndi)

Posting Tahun Ini, BKN Pastikan PNS Tak Naik Gaji ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

Leave a Reply