Susah Tidur? Ikuti 7 Langkah Ini Agar Bisa Terlelap Lebih Cepat

DokterSehat.Com– Bila Anda merasa sangat lelah tapi Anda tidak bisa tidur, menyebalkan bukan? Seperti Chris Martin, vokalis dari Coldplay ini pernah mengalami bagaimana rasanya susah tidur di malam hari.

doktersehat-insomnia-tidak-bisa-tidur

Ini membuat frustrasi saat Anda menyadari seharusnya sudah memasuki waktu tidur. Anda bahkan hanya memiliki waktu terbatas untuk tidur. Seharusnya Anda menghabiskan malam dengan bermimpi, agar Anda bisa berkativitas penuh keesokan harinya. Ketika beberapa malam sulit mencoba memaksa diri untuk tidur, namun itu tidak akan berhasil.

Tidur yang tidak memadai dan kualitas tidur yang buruk akan mempengaruhi setiap sistem organ tubuh,” kata Men’s Sleep, penasehat kesehatan William Winter, M.D., penulis The Sleep Solution: Mengapa Tidur Anda Terganggu dan Bagaimana Untuk Memerbaikinya?

Seperti contoh kasus: kurang tidur dengan sistem pembuangan limbah otak Anda-mungkin meningkatkan risiko Alzheimer dan juga menghalangi fungsi lainnya, yang menyebabkan kinerja kognitif lebih buruk —ketidakmampuan untuk membaca emosi orang lain dan bahkan meningkatan risiko perubahan perilaku.

Tidur yang buruk membuat kita ingin makan lebih banyak dan makan makanan yang tidak sehat, ini mempengaruhi pencernaan, fungsi jantung, risiko hipertensi, risiko diabetes, dan fungsi sistem kekebalan tubuh,” kata Dr. Winter.

Tidak mendapatkan kualitas tidur dapat menimbulkan gangguan di dalam tubuh Anda. Jadi peneliti mengumpulkan tips dari pakar tidur dan penelitian ilmiah untuk membantu Anda tertidur lebih cepat.

doktersehat-obat-a-z-ponstan-asam-mefenamat-Levofloxacin-suplemen-hamil-kehamilan-hiv-truvada-melatonin-susah-tidur

1. Minum Suplemen
Sebuah studi tidur di Jepang baru-baru ini dilakukan pada hewan pengerat, menemukan bahwa komponen aktif dalam tebu mengurangi tekanan dan menyebabkan tidur lebih nyenyak. Senyawa tersebut yang disebut —mengurangi tingkat penanda stres yang disebut kortikosteron, yang mungkin membantu untuk tidur.

Suplemen octacosanol telah terbukti aman pada manusia menurut periset, dan stres bisa menjadi faktor utama yang menghambat tidur. Jadi para periset percaya octacosanol dapat digunakan sebagai terapi yang efektif untuk orang yang menderita insomnia akibat stres. Ini juga ditemukan pada makanan lain, termasuk dedak padi, bibit gandum, dan lilin lebah (sarang lebah).

doktersehat-susu

2. Minum susu
Minumlah segelas susu hangat sebelum tidur. Susu mengandung protein ?-laktalbumin. Protein ini mengandung triptofan asam amino dalam jumlah tinggi, yang menghasilkan melatonin, hormon yang menginduksi tidur.

Studi menunjukkan bahwa diet kaya triptofan (termasuk putih telur dan biji labu) dapat membantu memperbaiki tidur. Kalsium susu juga memberi manfaat penyerapan triptofan ke otak.

tips cepat tidur

3. Berhenti mencari tahu kualitas tidur Anda
Sekitar 10 persen penduduk Amerika memakai pelacak kebugaran atau tidur secara teratur, yang memungkinkan mereka mengetahui apa sebenarnya yang terjadi saat mereka tidur.

Itu bagus untuk tidurmu? menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine, mereka yang melacak tidur mereka membuat tekanan untuk mencapai jumlah tidur yang cukup, dan melaporkan peningkatan tingkat kecemasan yang disebabkan oleh diri sendiri. Akibatnya, mereka mungkin telah terlibat dalam kebiasaan, seperti tinggal di tempat tidur terlalu lama ketika mereka tidak bisa tertidur, yang mungkin membuat ketidakmampuan mereka untuk tertidur.

doktersehat-insomnia-tidak-bisa-tidur

4. Tidurlah pada waktunya
Jika Anda pernah berbaring di tempat tidur tapi tidak dapat tidur, tandanya Anda telah mengalami apa yang oleh para periset disebut, yaitu gairah terkondisikan, yang disebabkan karena melakukan hal-hal di tempat tidur sehingga membuat Anda tetap terjaga, misalnya memeriksa email kerja di smartphone Anda.

doktersehat-kurang-tidur-diabetes-jantung-wanita-ngantuk

5. Belajar cara istirahat sesungguhnya
Manfaat beristirahat dari tidur dan dalam beberapa kasus secara kognitif tidak dapat dibedakan,” kata Dr. Winter.

Sebuah studi tahun 2008 yang didanai oleh National Institute of Mental Health mengenai efek berbaring di tempat tidur dengan mata tertutup, sebuah istilah yang disebut ‘terjaga dengan tenang’ menemukan bahwa ketika beristirahat, beberapa neuron otak Anda dimatikan, menirukan apa yang terjadi dalam tidur, ketika neuron menghentikan aktivitas.

Menurut National Sleep Foundation, istirahat bisa juga mengurangi stres, memperbaiki mood, meningkatkan kewaspadaan, kejernihan mental, kreativitas, dan motivasi. Tetap saja, ini tidak akan memberi Anda manfaat nyata dari tidur nyenyak, bahkan jika itu hanya tidur siang, yang mencakup pemulihan kognitif, kemampuan memori meningkat, dan regulasi hormon.

Tidur adalah pilihan terbaik untuk memulihkan pikiran dan tubuh dengan benar, namun jika tetap sulit dipahami, Anda bisa menenangkan pikiran Anda dengan mengatakan kepada diri sendiri bahwa hanya beristirahat saja membuat otak Anda istirahat.

doktersehat-kaki-kasur-tidur

pic credit: dawid cedler

6. Tidur dengan suhu dingin
Studi telah menunjukkan bahwa tidur di tempat lebih dingin adalah yang terbaik untuk tidur. Untuk manfaat optimal, atur termostat (alat pengatur suhu) Anda antara 60 sampai 68 derajat Fahrenheit. Ini membantu menurunkan suhu inti tubuh Anda, dan memicu proses untuk memulai tidur.

doktersehat-meditasi-yoga-rileks

7. Mencoba meditasi
Terkadang otak Anda membutuhkan sedikit bantuan dan bimbingan untuk tertidur, dan meditasi adalah tren tidur yang berkembang dan benar-benar bekerja. Sebuah studi tahun 2015 di JAMA menemukan bahwa meditasi kesadaran membantu memperbaiki kualitas tidur pada orang dewasa yang lebih tua dengan mengurangi kekhawatiran dan gangguan suasana hati.

Source: http://doktersehat.com/susah-tidur-ikuti-7-langkah-ini-agar-bisa-terlelap-lebih-cepat/

Leave a Reply