Studi: Banyak Teman Facebook Tanda Orang Materialistis

IDNews.co.id – Sebuah studi baru menemukan kalau beberapa orang yang miliki sifat materialistis dengan substansial memiliki lebih banyak rekan Facebook dibanding mereka yang tidaklah terlalu terobsesi dengan kepemilikan benda.

Para peneliti mengklaim kalau orang materialistis melihat rekan-rekan di Facebook sebagai ‘objek digital’ dan menggunakan basis sosial media ini lebih intens dan seringkali.

Studi yang dipublikasikan di Heliyon ini menemukan kalau orang materialistis miliki kebutuhan yang besar untuk memperbandingkan diri mereka dengan orang-orang di sosial media yang lain.

” Orang materialistis menggunakan Facebook amat sering karena mereka relatif mengobjektifikasi rekan Facebook mereka, mereka mendapatkan rekan Facebook untuk menambah kepemilikan mereka, ” tutur penulis analisis Phillip Ozimek seperti dilansir dari laman The Independent.

Ozimek meneruskan, Facebook menyediakan basis sempurna untuk perbandingan sosial, dengan jutaan profil dan informasi berkenaan orang.

” Dan gratis, orang materialistis bahagia alat yang tidak keluarkan biaya! ” lanjutnya.

Ozimek dan tim peneliti dari Ruhr-University Bochum di Jerman menyatukan data mereka melalui sebuah kuisioner daring yang diisi 242 pengguna Facebook.

Para partisipan disuruh untuk menyebutkan seberapa sepakat mereka dengan rangkaian pernyataan yang merefleksikan tingkat aktivitas mereka di sosial media itu dan tingkat materialistis mereka, seperti : ” hidupku semakin tambah baik jika saya memiliki beberapa hal spesifik yang tidak saya punyai ” dan ” memiliki rekan Facebook buat saya lebih berhasil dalam kehidupan pribadi dan profesional saya “.

Para peneliti menemukan kalau ada kaitan kuat pada tingkat materialistis yang tinggi dengan aktivitas Facebook yang intens.

Saat akhirnya diulangi pada sampel kedua dari 289 pengguna Facebook, para peneliti menarik rangkuman yang sama.

Untuk menjelaskan hasil analisis mereka, para ilmuwan membuat Teori Daring Sosial Penyusunan Diri, yang menyebutkan kalau orang menggunakan sosial media sebagai alat untuk memantau dan mencapai maksud mereka.

Untuk orang materialistik, para peneliti mengklaim, ini berkenaan seberapa jauh mereka dari jadi kaya.

” Kelihatannya untuk kita, Facebook seperti pisau. Ini dapat digunakan untuk mempersiapkan makanan lezat atau digunakan untuk melukai seseorang. Di satu bagian, model kami menyediakan perspektif lebih netral pada sosial media, ” tambah Ozimek. (ndi)

Posting Studi: Banyak Teman Facebook Tanda Orang Materialistis ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

Leave a Reply