Social Media VS Search Engine Yang Mana Yang Paling Efektif Untuk Bisnis Online

Mungkin Anda pernah mendengar ada yang jualan workshop

“Twitter Marketing Untuk Meningkatkan Omzet Bisnis”

“SEO (Search Engine Optimization) Untuk Meningkatkan Omzet Minimal 10 Kali Lipat”

“Pelajari Mudahnya Meningkatkan Omzet Lewat Social Media Marketing”

 

Anda perlu sadar bahwa barang jualan Anda pastinya berbeda dengan barang jualan si trainer workshop, jadi yang menghasilkan bagi si trainer belum tentu menghasilkan untuk Anda. (Atau Anda sesuaikan produk Anda dengan barang jualan si trainer : Baca : 3 Jenis Produk Untuk Dijual Online Yang Harus Diketahui Dropshipper)

Jika Anda punya budget dan waktu terbatas untuk MEMILIH belajar social media marketing (Facebook / Instagram) ATAU belajar search engine marketing (SEO/Google Adwords) yang mana yang Anda utamakan ?

Apakah karena katanya Instagram lagi hit dan banyak toko online jualan di IG lantas Anda focus di IG dulu ? .. “tergantung”.

Saya sarankan Anda mengetahui beberapa statistic tentang strategi digital marketing berikut ini yang menggambarkan survey tingkat kepentingan dan efektivitas berbagai macam taktik dan strategi digital marketing secara keseluruhan.

 

Perlu diketahui bahwa berbagai macam survey berikut ini mengambil sampel dari luar negeri, karena kita tidak memiliki data survey ini di Indonesia, tetapi menurut saya masih sangat relevan di Indonesia

 

Channel Digital Marketing Apa Yang Menjadi Sumber Traffic Terbesar Untuk Website

 Perbedaan Sumber Traffic Untuk Bisnis Online

Sumber Rand Fishkin “What startup exec need to know about SEO in 2017”

Traffic atau pengunjung bagi sebuah website (website = “rumah” untuk bisnis online) adalah seperti “darah” bagi keberlanjutan bisnis.

Dalam hal kontribusi traffic, Google memberikan berkontribusi sangat jauh di bandingkan Facebook dan sumber-sumber lainnya. Bahkan kalau sumber traffic lainnya digabungkan, masih belum bisa mengalahkan kontribusi traffic Google.

Menurut saya, kontribusi Google yang besar ini dikarenakan oleh long tail traffic – silahkan baca artikel lainnya tentang long tail traffic. Anda akan beberapa kali mendengar tentang long tail dari saya.

 

Perbedaan Penyebaran Kontribusi Traffic Yang Tidak Merata Antara Facebook dan Google

Oke lah, di grafik sebelumnya terlihat Google memberikan kontribusi nyaris 10x lipat lebih besar daripada Facebook (60:6), bagaimana kalau kita bandingkan kontribusi tersebut bagi website sangat besar (top 10) sampai sangat kecil (10K+) ?

 

Social Media VS Search Engine

Ternyata,

Penyebaran kontribusi traffic Google bisa dibilang cukup merata dalam range 15 – 26% untuk semua size website. Kemungkinan ini dikarenakan karakter long tail Google yang membuat playing field antara UKM dan big company jadi setara.

 

Sedangkan kontribusi Facebook sangat condong untuk website sangat besar, 42,7% untuk Top 10 dan semakin kecil websitenya, kontribusinya menjadi semakin kecil. Kemungkinan 42,7% ini adalah aktivitas branding (bukan conversion) untuk brand besar (contoh : FMCG, banking dll)

 

Benefit Social Media Marketing (Facebook, Instagram)

Berikut ini adalah survey benefit social media marketing dari Smart Insight di tahun 2015.

keuntungan social media marketing

Benefit terbesar dari survey tersebut adalah “increased exposure”, sedangkan “improved sales” atau kenaikan penjualan ada di hasil survey paling bawah.

Bagaimana dengan survey terbaru tentang manfaat social media marketing ?

Berikut ini survey dari Clutch.co di tahun 2016 yang masih juga belum menunjukkan posisi yang baik bagi social media marketing untuk “increased revenue”.

keuntungan dan manfaat social media marketing

Kita masih menunggu kalau ada survey lebih lanjut dan terbaru tentang social media marketing karena di tahun 2016-2017 terdapat banyak fitur baru di social media ads seperti Facebook dan Instagram, seperti retargeting / remarketing berdasarkan durasi waktu pengunjung di website yang seharusnya membantu konversi (terlepas dari berapa banyak UKM yang tahu dan menggunakan fitur ini?).

Supaya bisa menanggapi survey ini dengan baik dan benar, Anda disarankan membaca tips dari saya lainnya tentang manfaat social media marketing untuk bisnis.

 

Ranking Tingkat Kepentingan Strategi Digital Marketing Untuk Bisnis

Survey berikut ini dari oursocialtimes di tahun 2015 terhadap konsultan digital marketing untuk UKM di Inggris, “Mana yang lebih penting antara SEO, Email Marketing, PPC, Online Advertising, Content Marketing, dan Social Media Marketing” ?

Urutannya  adalah sebagai berikut :

digital marketing terpenting

 

Banyak konsultan UKM di Inggris menganggap content marketing, social media marketing, SEO dan Email Marketing sebagai aktivitas internet marketing terpenting di 2015.

PPC dalam konteks ini adalah Google Adwords atau iklan berbayar di search engine, sedangkan online advertising adalah iklan di website lain, misalnya Anda beriklan secara langsung di Kompas.com atau Detik.com secara langsung (tidak lewat advertising network google). Iklan di PPC secara keseluruhan dianggap tidak terlalu penting kemungkinan karena banyak produk UKM di inggris yang kalau diiklankan di Google akan bersaing langsung dengan marketplace besar di Inggris yang menyebabkan UKM tidak mungkin bersaing bidding dengan marketplace besar.

 

Urutan kepentingan survey strategi digital marketing UKM dari grafik di atas juga tergambar dari grafik lainnya di bawah ini dengan pertanyaan “Seberapa efektif aktivitas digital marketing di bawah ini “ ?

strategi digital marketing paling efektif

 

Toko Online Anda dapat Traffic Dari Mana ?

Survey berikut ini dari Marketing Sherpa di tahun 2014 yang mensurvey 4000 pemilik ecommerce di seluruh dunia.

Sumber Traffic Website Ecommerce
Sumber Traffic Untuk Toko Online

Ecommerce Anda mendapatkan traffic dari mana ?

Jawaban tertinggi adalah organic search.

Jawaban ke 2 adalah email, tetapi menurut saya email ini perlu diperjelas karena email adalah muara dari semua traffic yang masuk ke website Anda, anda convert ke dalam email list.

 

Dari Macam-Macam Strategi Internet Marketing Di atas, Pilih Mana ?

Hasil survey di atas memang sangat nampak “menguntungkan” bagi search engine.

Namun Anda harus tahu bahwa channel digital marketing apa yang Anda pilih sebenarnya ujung-ujungnya tergantung produk Anda.

Kalau produk Anda harganya tidak tinggi (di bawah 300 ribu), punya sifat impulsive (orang tidak butuhpun bisa pingin beli), mungkin juga barang Anda interest based (mis.kaos pemain bola terkenal yang baru pindah klub), atau trend, maka produk ini sangat cocok dijual di Facebook – tetapi bukan berarti Anda tidak mencoba channel search engine juga.

 

Kalau produk Anda bukan produk impulsive, merupakan produk “need” – dari pada “want” – customer hanya beli jika butuh saja : misalnya Anda jualan bunga papan .. atau jasa detektif maka produk ini sangat cocok dijual di search engine apabila Anda memprioritaskan sales conversion – tetapi bukan berarti Anda tidak mencoba channel Facebook juga untuk meningkatkan awareness.

 

Baca Juga Informasi Tentang Cara Menaikkan Traffic Website

Perbandingan dari 7 Cara Mendatangkan Traffic untuk Ecommerce Toko Online Anda

 

13 Cara untuk Meningkatkan Traffic Anda Melalui Search Engine Dengan Cara yang Etis

 

 

Source: https://buattokoonline.id/Social-Media-VS-Search-Engine-Yang-Mana-Yang-Paling-Efektif-Untuk-Bisnis-Online

Leave a Reply