Smartphone Tercebur ke Air, Cobalah Lakukan 5 Hal Ini

IDNews.co.id – Meski sebagian smartphone paling baru diberi sertifikat anti air. Namun, hal itu baru ada pada smartphone kelas atas dan jumlahnya masih dapat dihitung dengan jari. Oleh sebab itu, air adalah masalah yang seringkali dihadapi pengguna Smartphone. Smartphone Tercebur ke Air, Cobalah Lakukan 5 Hal Ini.

Kebiasaan kita yang memainkan smartphone saat di dalam kamar kecil terkadang sumber masalah saat ponsel terputus dari genggaman dan tercebur ke air.

Saat hal semacam itu terjadi, terdapat banyak langkah untuk menyelamatkan smartphone yang terendam air. Tersebut caranya :

Jika Smartphone Tercebur ke Air, lakukan hal ini :

Matikan Smartphone

Saat smartphone kalian tercebur ke air, langkah awal yaitu mematikan smartphone kalian. Hal ini bertujuan untuk menghindar terjadinya korsleting listrik.

Terlepas Baterai, Casing, Kartu SIM dan Kartu Memory.

Lepaskan baterai smartphone kalian jika memiliki baterai yang dapat dilepaskan dari perangkat. Setelah itu, yaitu melepas casing dan janganlah lupa untuk melepas kartu SIM dan Kartu SIM yang ada pada smartphone kalian.

Keringkan dengan Lap

Setelah itu yaitu dengan mengeringkan semua sisi smartphone dengan menggunakan lap halus. kalian dapat juga mengfungsikan tissue atau lap yang umum digunakan untuk bersihkan kacamata.

Keringkan dengan Hair Dryer

Kalian dapat juga mengeringkan perangkat kalian dengan menggunakan hair dryer atau mini vacuum. Namun, laksanakan dengan hati-hati supaya tidak terlalu panas karena mampu merusak komponen didalam perangkat.

Keringkan dengan Beras

Cara ini saya sudah cobalah dan mereferensikan, caranya mudah cuma dengan merendamnya dalam beras. Beras dikenal baik dalam menyerap kelembaban udara dan menyerap air dalam body smartphone.

Laksanakan sistem pengeringan paling tidak dua hari sebelumnya kalian menempatkan kembali baterai kalian dan melakukan pengecekan kegunaan smartphone kalian. Butuh diingat langkah tersebut bergantung tingkat kerusakan pada smartphone kalian, Semakin lambat perlakuan peluang air sudah menyebabkan karat pada perangkat smartphone kalian.(ndi)

Posting Smartphone Tercebur ke Air, Cobalah Lakukan 5 Hal Ini ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

Leave a Reply