Sering Ngemil? Jangan Lupa tetap Perhatikan Jenisnya

DokterSehat.Com– Kita tentu sering ngemil berbagai jenis kudapan baik jajanan atau keripik. Biasanya kita beranggapan bahwa snack saat ngemil hanya sebagai selingan untuk tubuh saja. Umumnya saat ngemil kita memakan snack dalam jumlah yang kecil. Namun ternyata kita sering lupa bahwa asupan jenis makanan saat ngemil juga perlu kita perhatikan.

doktersehat-makanan-manis-gula

Beberapa jenis makanan utamanya jajanan yang sering kita makan untuk ngemil adalah jajanan yang terbuat dari bahan dasar tepung terigu. Jajanan yang dimaksud disini adalah roti atau kue yang mudah kita temukan misalnya roti goreng, bakpau, donat, biskuit atau jenis jajanan lain yang beragam macamnya.

Jajanan diatas umumnya sering kita makan sebagai pilihan dalam ngemil. Yang perlu kita perhatikan adalah tepung terigu sebagai bahan dasarnya. Tepung terigu merupakan salah satu bahan makanan yang tinggi karbohidrat. Sehingga tepung terigu digunakan sebagai salah satu alternatif bahan makanan pokok.

Apabila kita telah mengonsumsi olahan yang menggunakan bahan dasar tepung terigu, bisa jadi kandungannya sama dengan kita mengonsumsi nasi. Kandungan karbohidrat yang sama-sama tinggi pada tepung terigu bisa disamakan dengan kita telah mengonsumsi nasi. Hal ini penting diperhatikan pada orang dengan kondisi tertentu misalnya apabila sedang melakukan diet penurunan berat badan atau dalam kondisi diabetes. Karena sumber makanan pokok seperti nasi atau tepung terigu menyumbangkan kalori dari karbohidrat yang tinggi.

Dalam Pedoman Gizi Seimbang yang dikeluarkan Kementrian Kesehatan RI, 5 sendok makan (50 gram) tepung terigu kandungan karbohidratnya sama dengan 1 centong nasi. Dalam bentuk jajanan bisa diperoleh dari 2-3 potong roti/ kue basah dengan pengolahan digoreng (belum termasuk bahan tambahan lain misalnya gula, coklat atau meses). Sehingga apabila kita ingin membatasi asupan karbohidrat kita perlu memerhatikan tidak hanya asupan karbohidrat saat makan besar saja tapi pemilihan jajanan saat ngemil dapat dipilih yang tidak menggunakan bahan dasar tepung terigu. Pada kondisi diet atau diabetes ngemil dapat diutamakan memilih dari buah atau sayur. Salah satu buah yang bagus untuk kedua kondisi diatas adalah buah apel.

Source: http://doktersehat.com/sering-ngemil-jangan-lupa-tetap-perhatikan-jenisnya/

Leave a Reply