Perubahan Payudara Bisa Jadi Tanda Kehamilan

DokterSehat.Com– Banyak perempuan yang tidak menyadari tanda-tanda kehamilan pada tubuhnya. Meski belum memeriksa kehamilan dengan USG dengan test pack, namun tubuh Anda sebenarnya sudah mengirim sinyal bahwa ada janin yang sedang tumbuh di rahim Anda. Salah satu tanda kehamilan yang mudah dirasakan adalah lewat perubahan payudara.

doktersehat-wanita-kanker-payudara-konsultasi-implan-bakteri-mastitis

Nyeri saat disentuh
Saat hamil, tubuh akan mempersiapkan diri sebagai rumah bagi janin dengan menghasilkan lebih banyak hormon estrogen dan progesteron yang menyebabkan payudara merasa nyeri. Kadang nyeri ini terasa mengganggu sehingga Anda perlu menggunakan bra yang tepat untuk mengurangi rasa nyeri tersebut.

Terlihat lebih berisi dan padat
Selain terasa nyeri ketika disentuh, saat hamil payudara juga terasa lebih berisi dan padat. Hal ini dikarenakan pengaruh perubahan hormon yang menyebabkan penebalan lapisan lemak dan berkembangnya kelenjar susu. Selain itu puting juga tampak lebih besar dari ukuran sebelumnya.

Areola semakin gelap

Tanda kehamilan lainnya yang mudah dikenali adalah areola atau daerah di sekitar puting tampak lebih gelap dari biasanya. Selain itu ukurannya juga juga akan semakin besar akibat perubahan hormon estrogen dan progesteron. Menggelapnya areola ini akan memudahkan bayi saat baru lahir untuk mengenali puting ibu. Selain itu di daerah areola juga akan muncul montgomery tubercles, yaitu benjolan-benjolan kecil yang merupakan kelenjar yang berfungsi sebagai pelumas pada puting saat menyusu.

Muncul pembuluh darah warna kebiruan
Jika Anda kerap mengamati payudara, maka Anda tentu mudah mengenali perubahan yang satu ini. Saat hamil, pembuluh darah di payudara akan tampak berwarna kebiruan. Adanya aliran pembuluh darah ini juga menjadi penyebab semakin besarnya payudara saat hamil. Setelah melahirkan, pembuluh darah yang terlihat akan semakin berkurang dan kembali seperti semula.

Jika Anda mengalami perubahan payudara seperti tanda-tanda di atas, maka segera periksakan ke dokter kandungan atau periksa dengan test pack untuk memastikan kehamilan.

Source: http://doktersehat.com/perubahan-payudara-bisa-jadi-tanda-kehamilan/

Leave a Reply