Penguasaan Air Harus Berpihak pada Rakyat

IDNews.co.id – Negara diharapkan bisa memenuhi hak rakyat terhadap air. Demikian ditegaskan Wakil Ketua Komisi V DPR RI Sigit Sosiantomo. Menurut dia, Rancangan Undang-Undang (RUU) Sumber Daya Alam yang sedang dibahas DPR harus mampu mengatur penguasaan penuh negara atas air.

“Bagaimana negara mutlak berkuasa atas air yang ada dan kemudian bisa didistribusikan kepada setiap orang. Hak warga atas air itu yang paling penting,” ujar Sigit dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi V dengan beberapa stakeholders, di antaranya Perhimpunan Ahli Air tanah Indonesia (PAAI), Kamar Dagang dan Industri (KADIN), dan Himpunan Ahli Teknik Hidraulik (HATHI) di Gedung DPR RI, Senayan, Rabu (28/09).

Dalam diskusi tersebut, mengemuka adanya pembentukan badan atau otorita air yang akan mengatur pengelolaan SDA secara terpadu.  Diakui Sigit, pengelolaan air saat ini multikompleks karena ditangani berbagai kementerian. Misalnya, air permukaan ditangani Kementerian PUPR, air bawah tanah oleh Kementerian ESDM, air baku dan embung dan pencemarannya masuk ke ranah Kementerian LHK.

Belum lagi, pihak swasta yang memiliki konsesi pengelolaan sumber mata air, sehingga perlu ada rekalkulasi terhadap kepemilikan quota air. “Ini akan kita atur kembali, sebagaimana amanat UUD 1945 Pasal 33, kita ingin memastikan bahwa negara berkuasa mutlak dalam air, apakah air permukaan, apalagi air tanah yang disedot untuk komersialisasi,” sambungnya.

Politisi PKS ini juga menambahkan, keterlibatan swasta akan diatur sedemikian rupa yang memungkinkan swasta bekerjasama dengan BUMN atau BUMD untuk menghasilkan air layak minum. Dimana akses air minum aman nasional per tahun 2016 baru mencapai 71.14 persen.

“Di lain sisi, kita tidak boleh melihat peranan swasta itu momok, karena sebagian swasta masuk di PDAM sehingga air bisa dinikmati sampai ke end user Rp 7/liter. Karena itu ini akan jadi konsen kami, sehingga pasal-pasalnya akan semakin jelas, bagaimana peran swasta, peran sektor ketiga untuk menjamin setiap warga, masyarakat dan seluruh penduduk Indonesia bisa mengakses air bersih dengan mudah dan layak,” tukas dia. (par/fat)

Posting Penguasaan Air Harus Berpihak pada Rakyat ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

Leave a Reply