Pengguna Internet RI Melonjak, tapi Masih Percaya Hoaks

IDNews.co.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika menuturkan, dalam kurun saat 2012-2016, pengguna internet Indonesia bertambah lebih dari dua kali lipat.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan, pada 2012, pengguna internet Indonesia baru mencapai 63 juta. Namun, pada 2016, sudah melonjak jadi 132, 7 juta pengguna.

” Penambahan pengguna internet ini, sayangnya, tidak ikuti dengan literasi pada dunia digital, ” kata Sammy, sapaan akrabnya, dalam ‘Diskusi Bareng Jurnalis dengan Dirjen Aptika Kominfo’.

Sebab, jika satu negara literasi digitalnya tinggi, jadi penduduknya makin tidak yakin informasi atau berita mentah yang tercantum di internet.

” Mereka akan melakukan pengecekan, apakah informasi ini benar atau hoaks (palsu). Informasi yang dipublikasi di internet diantaranya sosial media, situs (blog), ataupun situs, ” katanya.

Ia juga mengungkap, berdasarkan lembaga riset asal Kanada, Centre for International Governance Innovation (CIGI) pada 24 negara, satu diantaranya Indonesia, melalui Trusted in the Internet mengatakan, Indonesia ada di posisi tujuh dunia yang ‘menelan mentah-mentah’ informasi dari internet.

Rinciannya, lanjut Sammy, 15 persen sangatlah percaya (strongly believe) dan 50 persen cuma percaya (believe) pada seluruhnya informasi yang dipublikasi di internet.

” Artinya, ada keseluruhan 65 persen penduduk Indonesia pengguna internet yakin seluruhnya sumber informasi dari internet. Jika dikalikan 132, 7 juta, jadi akhirnya sebesar 86, 3 juta orang. Tersebut pengguna kita, ” pungkasnya mengingatkan.

Meski sangat, Sammy menaikkankan, ada ‘angin segar’ pada pemakaian internet positif, yaitu 28 persen pengguna internet sangatlah yakin dan 53 persen yakin dengan informasi yang dipublikasi pemerintah.

” Bila ditotal jadi 81 persen atau sekitar 107, 5 juta (setelah dikalikan 132, 7 juta) penduduk yakin apa yang diberitakan oleh pemerintah, ” papar Sammy. (ndi)

Posting Pengguna Internet RI Melonjak, tapi Masih Percaya Hoaks ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

Leave a Reply