PENANAMAN POHON DEMOKRASI DI BANGKALAN, WUJUD NYATA KEPEDULIAN KPU TERHADAP KESEIMBANGAN ALAM

Ketua KPU RI, Arief Budiman Menanam Pohon Demokrasi Bersama KPU provinsi se-Indonesia

Bangkalan, kpujatim.go.id– Komisi Pemilihah Umum Republik Indonesia (KPU RI) bersama peserta Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) dari KPU Provinsi se-Indonesia, melakukan aksi Penanaman Pohon Demokrasi, di halaman kantor KPU kabupaten Bangkalan, Rabu 29 November 2017. Aksi tanam pohon yang dilakukan KPU, sebagai bentuk tanggung jawab menjaga keseimbangan alam.

Tidak hanya dihadiri oleh KPU RI dan KPU Provinsi Provinsi se-Indonesia saja. Penanaman Pohon Demokrasi, juga dihadiri oleh seluruh Anggota KPU Kabupaten Bangkalan, jajaran Forkominda Bangkalan dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Bangkalan.

Ketua KPU RI, Arief Budiman dalam sambutannya menyatakan, makna filosofi Penanaman Pohon Demokrasi yang digagas oleh KPU RI tidak lain merupakan bentuk tanggungjawab moral terhadap lingkungan dan alam semesta. Mengingat, begitu banyak materi dan energi yang diambil dari alam oleh penyelenggaraan Pemilu, selama pelaksanaan tahapan Pilkada dan Pemilu.

“Maka tradisi tanam pohon Kami lakukan sebagai pengganti materi dan energi yang Kami ambil, tradisi ini dinamakan Pohon Demokrasi,” ujarnya (29/11).

Arief menambahkan, dengan dilakukan penanaman pohon demokrasi, juga teriring harapan agar Pilkada dan Pemilu Serentak berjalan baik dan aman, termasuk di Kabupaten Bangkalan. Dia mengajak ke depan, segala hal yang kurang baik dan membuat Pilkada dan Pemilu terganggu untuk ditinggalkan.

“Harapan Kami tentu lebih baik. Mari kita lakukan yang baik, sedangkan yang kurang baik mari Kita tinggalkan,” terangnya.

Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito juga memberikan pesan yang sama terkait penanaman Pohon Demokrasi di Kabupaten Bangkalan. Dia berharap dengan adanya penanaman pohon demokrasi, proses demokrasi di Jawa Timur termasuk di Kabupaten Bangkalan bisa tumbuh sehat.

“Dengan adanya penanaman pohon demokrasi ini, harapan Saya iklim demokrasi di Jatim berjalan dan tubuh sehat,” tegasnya.

Perlu diketahui, Penanaman Pohon Demokrasi di Kabupaten Bangkalan merupakan rangkaian acara Rapimnas yang dilakukan oleh KPU RI selama 27 s.d 30 November 2017. Seluruh peserta Rapimnas yang berasal dari KPU Provinsi se-Indonesia diajak tanam pohon demokrasi.
Berikutnya, Rabu 29 November 2017, seluruh peserta Rapimnas juga akan menghadiri Peresmian Tahapan Pelaksanaan Pilgub Jatim Tahun 2018, di gedung JX Internasional, jalan Ahmad Yani Surabaya.

Sementara itu, Anggota KPU Kabupaten Bangkalan, Fauzan Jakfar mengucapkan terima kasih karena dipilih sebagai tempat penanaman pohon demokrasi. Menurutnya, ada pesan yang mendalam dengan pelaksanaan kegiatan tersebut. Setidaknya agar pelaksanaan Pilkada Serentak yang digelar di Bangkalan 2018 mendatang bisa lebih baik.

“Mungkin dengan dipilihnya Kabupaten Bangkalan, tersirat pesan kepada penyelenggara Pemilu di Bangkalan untuk merawat dan menjaga proses demokrasi. Komitmen Kami, akan melaksanakan Pemilu sesuai dengan tahapan dan peraturan yang ada,” pungkasnya.

(MC – TUNG/BAY)

Baca di link asal : PENANAMAN POHON DEMOKRASI DI BANGKALAN, WUJUD NYATA KEPEDULIAN KPU TERHADAP KESEIMBANGAN ALAM

Leave a Reply