Pemprov DKI Akan Cabut Pergub Larangan Motor di Thamrin

IDNews.co.id – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan melakukan rapat dengan sejumlah stakeholder terkait manfaat membicarakan putusan Mahkamah Agung yang membatalkan pasal larangan sepeda motor melintas di Jalan MH Thamrin-Medan Merdeka Barat dalam Pergub pembatasan jalan raya sepeda motor.

Sejumlah pihak akan dilibatkan seperti Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Dinas Bina Marga DKI Jakarta dan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya.

Kepala Biro Hukum Pemprov DKI Jakarta Yayan Yuhanah mengatakan, salinan putusan dari MA sudah di terima oleh Pemprov DKI Jakarta. Dengan terdapatnya putusan ini, kata Yayan, jadi peraturan terkait larangan sepeda motor melintas di Thamrin-Medan Merdeka Barat mesti dibatalkan dan dicabut.

” Bila putusannya itu ya kita mesti batalkan. Ini sekali lagi sistem pencabutannya, ” tangkisnya di Jakarta.

Yayan mengatakan, pasal yang dibatalkan oleh MA adalah pasal sebagai kunci dan jantung dari Pergub Provinsi DKI Jakarta nomor 141 tahun 2015 tentang perubahan atas Pergub Provinsi DKI Jakarta nomor 195 tahun 2014 tentang pembatasan jalan raya sepeda motor.

Menurut Yayan, pembatalan pasal pasal 1 ayat (1) dan ayat (2) Pergub Provinsi DKI Jakarta No 195 tahun 2014 tentang pembatasan jalan raya sepeda motor juncto pasal 3 ayat (1) dan ayat (2) Pergub Provinsi DKI Jakarta No 141 tahun 2015 akan buat pasal yang lain jadi mati.

” Itu kelak bila cabut kita pastinya cabut. Cuma apakah kita cuma mencabut pasal sesuai dengan putusan MA atau kita cabut keseluruhnya itu ingin kita koordinasikan dahulu dengan Dishub dan Dirlantas. Kelak dievaluasi dahulu proses di lapangan seperti apa. Bila cabut kita pastinya cabut, hanya apakah cabut pasalnya itu saja atau keseluruhnya tunggulah akhirnya, koordinasi dahulu biro hukum dengan Dishub dan Ditlantas, ” tangkisnya menjelaskan.

Menurutnya, putusan MA itu sudah berlaku sejak ditetapkan dan punya sifat final. Untuk langkah awal dalam menanggapi putusan itu, kata Yayan, akan dilakukan setelah rapat paduan dengan pihak terkait besok.

“Ya sejak dibacakan (putusan berlaku). Kita tinggal menindaklanjuti putusan itu, kan butuh saat butuh sistem. Langkah awal koordinasi dengan Dishub dan Dirlantas. ” (ndi)

Posting Pemprov DKI Akan Cabut Pergub Larangan Motor di Thamrin ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

Leave a Reply