Pemindai Sidik Jari di Smartphone Ini Beda, Pertama di Dunia

IDNews.co.id – Vendor smartphone asal China, Vivo mengklaim jadi yang pertama di dunia membuat smartphone dengan teknologi pemindai sidik jari di layar sisi bawah atau dikenal In-Display Fingerprint.

Vivo mengenalkan smartphone dengan pemindai sidik jari di layar sisi bawah pada waktu gelaran Consumer Electronic Show (CES) 2018 yang berjalan di Las Vegas, Amerika Serikat.

Namun belum dimaksud pada seri apa teknologi itu disematkan. Smartphone dengan In-Display Fingerprint itu akan di jual awal tahun ini.

Senior Vice President Vivo, Alex Feng mengatakan, Vivo tidak cuma memberikan pengalaman mobile yang belum sempat ada sebelumnya, teknologi ini sekalian menjawab tantangan untuk menyediakan pengalaman autentifikasi sidik jari pada smartphone yang tambah baik di masa depan.

Dia menjelaskan, menurut data statistik dari konsultan global Canalys, perusahaan smartphone udah mendistribusikan sekitar 22 juta full-screen smartphone dengan global pada kuartal kedua 2017, jumlah itu bertambah sampai 700. 000 pada kuartal pertama di tahun ini.

UBI Research memprediksikan tren penampilan minim bezel selalu berkembang dan bertambah sekitar 20 persen pada 2017 dan semakin lebih dari 50 persen pada 2020.

Selama ini, kata Alex, teknologi pembaca sidik jari udah jadi biometrik paling terkenal dan umum digunakan untuk mengamankan smartphone. Bersamaan dengan industri yang berpindah ke jaman baru smartphone dengan penampilan layar penuh, yaitu hal yang alami jika teknologi pemindai sidik jari juga turut berkembang untuk mengakomodasi kebiasaan baru pengguna.

“Kami pertama kalinya mempresentasikan purwarupa solusi pemindai sidik jari ini pada MWC Shanghai 2017 berdasarkan sensor ultrasonik dan udah memiliki komitmen untuk mewujudkan visi ini ke generasi smartphone setelah itu, ” tutur Alex.

Alex memaparkan, teknologi pemindai sidik jari dibawah layar ini mendukung beragam skenario yang bukan sekedar digunakan untuk buka kunci smartphone dan cuma bisa diaktifkan saat diperlukan.

Ikon grafis antarmuka akan nampak pada layar smartphone Vivo di beragam skenario yang memerlukan autentifikasi sidik jari seperti saat layar dalam tempat off, saat melakukan software autorisasi, atau saat melakukan sistem autentikasi pembayaran transaksi mobile. Pengguna bisa menyentuh ikon fingerprint pada layar untuk buka kunci, melakukan pembayaran dan beragam sistem yang lain.

Saat autentifikasi sidik jari tidak diperlukan, jadi grafis akan tidak nampak dan akan tidak mengganggu keseluruhnya pengalaman visual pengguna. (ndi)

Posting Pemindai Sidik Jari di Smartphone Ini Beda, Pertama di Dunia ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

Leave a Reply