Meski Enak, Jangan Biasakan Anak Mengkonsumsi Saus

DokterSehat.Com– Jika kita cermati, anak cenderung suka dengan saus yang bisa ditambahkan dalam beberapa jenis makanan layaknya kentang goreng, gorengan, steak, atau bahkan camilan kemasan. Rasa saus yang enak memang bisa membuat anak-anak ketagihan. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, ada baiknya orang tua mulai membatasi asupan saus anaknya karena mengkonsumsinya dengan berlebihan bisa memicu masalah kesehatan.

Laman kesehatan Boldsky menyebutkan bahwa kebiasaan mengkonsumsi saus dalam jangka panjang ternyata bisa memberikan efek buruk seperti sebagai berikut ini.

Meningkatkan kadar gula darah
Karena rasanya cenderung pedas, cukup banyak orang yang tidak menyadari bahwa saus memiliki kadar gula yang cukup tinggi. Padahal, dalam satu botol saus, kita bisa menemukan 25 persen kandungan gula. Mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan tentu akan beresiko meningkatkan kadar gula dalam darah dan akhirnya membuat anak beresiko untuk mengembangkan diabetes, salah satu penyakit paling mengerikan bagi manusia.

Kaya akan kandungan sodium
Tak hanya kandungan gula, saus ternyata juga kaya akan kandungan sodium atau garam. Yang menjadi masalah adalah, konsumsi sodium dengan berlebihan akan membuat kita meningkatkan tekanan darah dan membuat kesehatan jantung serta pembuluh darah menurun.

Kaya akan kandungan sirup fruktosa jagung
Sirup fruktosa jagung atau High Fructose Corn Syrup ternyata banyak ditemukan dalam botol saus. Yang menjadi masalah adalah, kandungan ini jika kerap dikonsumsi bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti diabetes dan obesitas.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita memang mencegah anak agar tidak sering-sering mengkonsumsinya. Jika mereka ingin mendapatkan sensasi pedas pada makannya, akan jauh lebih baik untuk mengkonsumsi sambal atau lalapan berupa cabai kecil yang memang jauh lebih aman bagi kesehatan.

Source: http://doktersehat.com/meski-enak-jangan-biasakan-anak-mengkonsumsi-saus/

Leave a Reply