Menkes Apresiasi FKTP dengan Layanan DLP

Jakarta, 12 Desember 2017
Dokter Layanan Primer (DLP) merupakan salah satu pilihan karir bagi lulusan dokter, yang ingin mengembangkan diri/kapasitasnya untuk praktik di layanan primer, melanjutkan jenjang pendidikan profesi  sekaligus pengembangan jenjang karier di layanan primer.
“Dokter keluarga telah menjadi bagian dari keluarga. DLP sebagai agent of change bukan hanya di keluarga namun juga di masyarakat”, ujar Menteri Kesehatan RI, Nila Farid Moeloek, dalam sambutannya pada pembukaan kegiatan Rapat Koordinasi Pelaksanaan Operasional Program (Rakorpop) Prioritas Nasional tahun 2017 di Jakarta, Selasa pagi (12/12).
Pada kesempatan tersebut, secara simbolis Menkes memberikan sertifikat apresias kepada 20 FKTP di Jawa Barat yang diterima DLP dan didampingi oleh Sekretaris Jenderal Kemenkes RI, Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI, Kepala Badan PPSDM Kesehatan Kemenkes RI, dan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran.
Sebagai informasi, hingga November 2017, sudah ada 24 DLP dari 23 faslitas kesetahan tingkat pertama (FKTP) yang telah lulus dari pendidikannya, antara lain 20 FKTP di Jawa Barat, 1 FKTP di Sumatera Selatan, 1 FKTP di Kalimantan Tengah, dan 1 FKTP Sulawesi Barat.
“Dengan adanya DLP, diharapkan mutu layanan kesehatan di tingkat primer menjadi lebih baik, kepuasan masyarakat meningkat, angka rujukan ke RS menjadi lebih efisien dan pembiayaan kesehatan efektif, sehingga status kesehatan masyarakat pun meningkat”, tandas Menkes.
Menteri Kesehatan dan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi telah mendeklarasikan implementasi Program Dokter Layanan Primer pada tanggal 13 November 2015 dengan 17 Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran. Hal tersebut ditindaklanjuti oleh FK UNPAD dengan membuka kelas reguler dan kelas recognized prior learning (RPL) program studi DLP.
Berita ini disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat,Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemkes melalui nomor hotline (kode lokal) 1500-567, SMS 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat email kontak@kemkes.go.id.
Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat
drg. Oscar Primadi, MPH

Posting Menkes Apresiasi FKTP dengan Layanan DLP ditampilkan lebih awal di Sehat Negeriku.

Baca di link asal : Menkes Apresiasi FKTP dengan Layanan DLP

Leave a Reply