Mengenal Penyakit Kelamin pada Wanita Beserta Gejalanya

DokterSehat.Com – Tidak hanya pria, wanita pun rentan alami penyakit kelamin yang berbahaya. Penyakit ini bisa muncul dari kebiasaan buruk yang dialami oleh wanita atau karena perilaku hubungan seksnya. Kalau hubungan seks dilakukan dengan gonta-ganti pasangan atau tidak higienis, penyakit kelamin bisa muncul dan akhirnya mengganggu fungsi seksual dan reproduksi wanita.

penyebab jerawat di vagina

Lebih lanjut, penyakit kelamin pada wanita kerap bersifat asimtomatis atau tanpa gejala. Untuk itu, wanita harus lebih memerhatikan area kewanitaannya agar penyakit di bawah ini tidak menimpanya.

1. Keputihan abnormal
Keputihan abnormal adalah gangguan yang menyebabkan vagina mengeluarkan cairan kental agak kehijau-hijauan dan baunya tidak sedap. Keputihan jenis ini disebabkan infeksi pada bagian dalam vagina oleh bakteri tertentu. Wanita yang alami keputihan abnormal biasanya merasakan sakit pada area kewanitaan, perut, kerap sakit saat berhubungan badan, hingga rasa gatal.

2. Herpes
Herpes adalah penyakit yang susah disembuhkan karena virus tetap akan hidup dalam tubuh meski tidak aktif. Penyakit ini menular karena adanya kontak fisik melalu mulut, labia, vagina, dan bagian tubuh yang terluka. Untuk gejala, wanita yang alam herpes biasanya mengalami flu, demam tinggi, nyeri otot dan sendi, rasa panas pada area yang terinfeksi, dan sakit saat buang air kecil.

3. Kutil kelamin
Kutil pada kelamin disebabkan oleh virus human papilloma atau HPV. Virus in menyebabkan munculnya kutil berukuran kecil dan jarang disadari oleh wanita. Kutil jenis ini biasanya tumbuh pada permukaan kelamin atau anus. Untuk kasus yang parah bisa menyebar ke dalam rongga.

4. Kanker serviks
Kanker serviks disebabkan oleh HPV. Jadi, waspadai munculnya kutil pada kelamin yang ukurannya cukup kecil. Gejala kanker serviks pada wanita terdiri dari siklus menstruasi tidak teratur, perdarahan tidak normal pada vagina, dan sering alami buang air kecil.

Jika Anda alami beberapa gejala yang disebutkan di atas, segera hubungi dokter agar mendapatkan penanganan yang benar.

Source: http://doktersehat.com/mengenal-penyakit-kelamin-pada-wanita-beserta-gejalanya/

Leave a Reply