Memperdengarkan Musik ke Janin Tidak Membuat Bayi Lebih Cerdas

DokterSehat.Com– Banyak orang tua yang memberikan stimulus pada sang buah hati sejak dalam kandungan agar dapat menjadi anak yang cerdas. Salah satu yang sering dilakukan orang tua adalah dengan memperdengarkan musik langsung ke janin. Benarkah hal ini dapat membuat anak lebih cerdas?

Memperdengarkan-Musik-ke-Janin-doktersehat

Dikutip dari BabyCenter, memperdengarkan musik pada bayi sejak dalam kandungan ternayata tidak akan membuat anak Anda menjadi lebih cerdas dari anak lainnya. Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa memperdengarkan musik klasik pada janin ternyata tidak memiliki efek khusus pada kepintaran bayi setelah ia lahir.

Meskipun tidak terbukti membuat anak cerdas, namun bukan berarti memperdengarkan musik saat hamil tidak memberi dampak apa-apa bagi ibu dan bayi. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa mendengarkan musik dapat membuat ibu hamil merasa lebih tenang dan rileks sehingga baik untuk perkembangan janin.

Bayi dalam janin sebenarnya baru bisa mendengar para akhir masa hamil trimester kedua. Para ahli meyakini bahwa pada masa ini janin mulai dapat menerima informasi yang kemudian diingat pada masa tertentu. Sebuah studi menyebutkan bahwa memperdengarkan musik yang sama dengan musik yang dimainkan saat bayi dalam kandungan dapat menenangkan bayi setelah lahir. Bayi dapat berhenti menangis, membuka mata mereka atau bergerak seperti pengalaman mereka saat berada di dalam rahim.

Berbeda dengan memperdengarkan musik saat hamil, memperdengarkan musik saat bayi sudah lahir memberi dampak yang lebih besar bagi perkembangan bayi. Sebuah studi menyebutkan bahwa memperdengarkan musik yang sama antara saat bayi berada di kandungan dan setelah lahir dapat membantu membentuk pola tidur yang lebih baik bagi bayi.

Bagi Anda yang ingin memperdengarkan musik pada bayi yang berada di dalam kandungan, sebaiknya atur volume pada angka 50-60 desibel, atau kurang dari 65 desibel, yaitu volume normal ketika bicara. Beberapa penelitian menyebutkan suara terlalu keras yang diperdengarkan pada janin justru dapat memicu kelahiran prematur, berat badan rendah hingga gangguan pendengaran bayi setelah lahir.

Source: http://doktersehat.com/memperdengarkan-musik-ke-janin-tidak-membuat-bayi-lebih-cerdas/

Leave a Reply