Memilih Perawatan Wajah yang Tepat untuk Pria

DokterSehat.Com – Dibandingkan dengan wanita, pria cenderung cuek dengan penampilannya. Mereka tidak memperhatikan kesehatan wajah karena tidak mengenakan bedak atau make up. Pria hanya akan bercukur atau membersihkan muka seadanya karena menganggap perawatan wajah tidak perlu dan hanya untuk wanita saja.

doktersehat-pria-jerawat-muka-wajah-karbunkel-bisul-besar

Sebenarnya perawatan wajah untuk pria itu juga penting. Terlepas dari stigma feminin yang ada di masyarakat, merawat wajah akan membuat pria lebih sehat, cerah, dan tentu saja awet muda. Kalau Anda ingin wajah yang tidak mudah kusam, pilih beberapa perawatan wajah di bawah ini.

1. Pembersih wajah atau sabun cuci muka
Pria yang sering bekerja di luar ruangan dan kerap terpapar sinar matahari dan radikal bebas biasanya memiliki wajah kusam. Wajah yang kusam membuat bakteri di area wajah tumbuh dengan cepat. Bakteri ini bisa menyebabkan jerawat pada wajah atau infeksi saluran pernapasan.

Agar wajah yang kusam tidak menyebabkan penyakit, Anda disarankan untuk menggunakan sabun cuci muka yang memiliki bahan penghilang kotoran dan juga bakteri.

2. Pelembab wajah
Pelembab wajah akan membuat kulit kering jadi lebih kenyal dan kulit yang berminyak jadi lebih kesat. Pemakaian pelembab akan membuat wajah lebih terbebas dari jerawat, bisul, atau gangguan kulit wajah lain yang mengganggu.

3. Tabir surya
Saat terpapar sinar matahari, kulit akan menjadi kering dan mati. Dampaknya, permukaan akan jadi kasar dan kusam. Sinar matahari yang terlalu terik juga merusak sel dan menyebabkan kanker kulit. Pilih tabir surya dengan kandungan SPV minimal 15.

4. Pereda iritasi
Saat bercukur pria kerap melukai permukaan kulit wajahnya. Kalau luka ini tidak disembuhkan, iritasi bisa saja terjadi dan menyebabkan gangguan pada kulit. Untuk itu, setelah bercukur pria disarankan untuk menggunakan krim yang melembapkan kulit dan juga mencegah iritasi pada kulit.

Nah, terbukti kan kalau merawat wajah pada pria itu penting dan harus dilakukan juga untuk pria.

Source: http://doktersehat.com/memilih-perawatan-wajah-yang-tepat-untuk-pria/

Leave a Reply