Memaksimalkan Peran dan Fungsi PKS Sebagai Mitra Kamtibmas Polri

Polres Trenggalek – Patroli Keamanan Sekolah atau yang lebih dikenal PKS adalah salah satu jenis ektrakurikuler yang umum ditemui di sekolah sekolah sebagai wadah organisasi guna mempermudah pengkoordinadinya dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan sekolah.

Sebagai mitra Kamtibmas Polri, Kepolisian Sektor Watulimo Polres Trenggalek secara rutin dan berkala memberikan pelatihan, pengembangan dan peningkatan peran PKS untuk memaksimalkan tugas dan fungsi PKS.

Bertempat di halaman SDN 1 Prigi Rabu (5/7/2017)  Brigpol Edi Susilo bersama Brigpol Willia Eka selaku instruktur pelatihan PKS mengatakan bahwa dengan adanya pelatihan ini diharapkan para pelajar tertanam disiplin sejak dini, dengan cara berperan aktif dalam menjaga ketertiban dan keamanan dilingkungan sekolah.

“Selain itu, bagi pelajar yang terpilih sebagai anggota PKS, dapat menjadi pelopor dalam berlalu lintas serta mampu menjadi mitra yang mampu mendukung tugas Kepolisian” ujar Brigpol Edi.

Sementara itu, Kapolsek Watulimo Polres Trenggalek AKP Saiful Rohkman, S.H melalui Ps. Kanit Binmas Aiptu Budi Prayitno menambahkan bahwa latihan rutin ini selain untuk meningkatkan kemampuan personil PKS, juga dalam rangka persiapan menghadapi lomba PKS tingkat Kabupaten yang akan diadakan di Polres Trenggalek akhir bulan ini.

Leave a Reply