Lakukan 5 Hal Ini Untuk Mengatasi Nyeri pada Payudara Menjelang Menstruasi

DokterSehat.Com– Salah satu tanda pada tubuh yang akan dialami menjelang menstruasi adalah pembengkakan dan rasa nyeri pada payudara. Sebagian wanita bahkan bisa merasakan payudaranya cenderung lebih padat dan kasar. Meskipun mampu membuat wanita merasa tidak nyaman, pakar kesehatan menyebut kondisi ini sebagai hal yang wajar terjadi. Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa nyeri pada payudara menjelang menstruasi.

doktersehat-menstruasi-payudara-sakit-galaktorea

Banyak minum air putih
Pakar kesehatan menyarankan wanita yang menjelang fase menstruasi untuk memperbanyak minum air putih dan menghindari minuman berkafein terlebih dahulu. Sebagai informasi, minuman berkafein mampu meningkatkan kadar hormon kotrisol di dalam tubuh, hormon yang bisa membuat tubuh lebih stress atau merasakan rasa sakit. Selain itu, hal ini juga mencegah kekacauan hormon mengingat pada fase ini tubuh wanita sedang mengalami perubahan keseimbangan hormon yang cukup signifikan.

Mengompres payudara
Kita bisa menggunakan handuk atau kain yang lembut yang sudah ditempatkan pada air hangat atau air dingin untuk dikompreskan pada payudara yang terasa nyeri. Lakukan pengompresan ini sekitar 20 menit.

Membatasi asupan garam dan daging
Saat payudara terasa nyeri dan membengkak, ada baiknya kita menurunkan asupan garam yang bisa memicu retensi air pada tubuh dan membuatnya semakin tidak nyaman. Selain itu, perbanyak asupan makanan yang kaya serat dan kurangilan asupan daging-dagingan sementara waktu.

Menggunakan bra yang tepat
Gunakan bra yang benar-benar bisa menopang payudara dengan tepat agar tidak mudah terguncang dan mencegah nyeri.

Menghindari stress
Cobalah untuk menghindari stress agar tubuh tetap mampu menjaga keseimbangan hormon. Jika perlu, cobalah untuk melakukan olahraga atau meditasi ringan agar membuat pikiran menjadi lebih tenang. Kita juga bisa memakai aromaterapi agar rasa nyeri ini sedikit mereda.

Source: http://doktersehat.com/lakukan-5-hal-ini-untuk-mengatasi-nyeri-pada-payudara-menjelang-menstruasi/

Leave a Reply