Kriteria Wanita yang Berisiko Mengalami Keguguran saat Hamil

DokterSehat.Com – Semua wanita yang subur bisa mendapatkan kehamilan dengan mudah. Namun, tidak semua kehamilan bisa berjalan dengan lancar. Pada 20 minggu pertama kehamilan, janin yang ada di dalam rahim masih berpotensi mengalami keguguran karena beberapa sebab mulai dari faktor internal rahim, hormon, dan kesehatan ibu hingga faktor eksternal lainnya.

doktersehat-hamil-kehamilan

Berikut kriteria wanita yang saat hamil berisiko tinggi alami keguguran kalau tidak menjaga janinnya dengan baik dan benar.

1. Usia di atas 35 tahun
Wanita dengan usia lebih dari 35 tahun memang tidak disarankan untuk mengandung. Pertama, wanita pada usia ini cukup berisiko alami masalah persalinan. Kedua, hamil pada usia 35 tahun ke atas memungkinkan terjadi kelainan kromosom pada janin sehingga kerap alami keguguran.

2. Wanita perokok dan pencandu alkohol
Wanita yang sedang hamil disarankan untuk berhenti merokok secara total. Saat merokok, wanita akan mengisap banyak racun dari rokok seperti karbon monoksida dan nikotin. Dua hal ini akan masuk ke dalam tubuh dan mengendap. Dampak dari pengendapan ini adalah gangguan kesehatan hingga keguguran janin yang usianya masih muda.

Alkohol juga memberikan efek yang sama untuk tubuh. Wanita yang sedang hamil pantang mengonsumsi alkohol agar kesehatan janinnya terjaga.

3. Obesitas
Wanita yang alami obesitas biasanya rentan mengalami infertilitas atau susah hamil. Selain itu, saat hamil pun, janin akan susah berkembang dengan baik karena area perut dan pinggul wanita memiliki lapisan lemak yang cukup tinggi.

4. Mengonsumsi banyak kafeina
Kafeina yang masuk melalui kopi akan membuat tekanan darah meningkat dengan tajam. Keadaan ini membuat janin yang ada di dalam rahim lebih berisiko Alami keguguran. Oh ya, selain dari kopi, kafeina juga bisa masuk dari teh, cokelat, minuman penambah energi, dan soda.

Source: http://doktersehat.com/kriteria-wanita-yang-berisiko-mengalami-keguguran-saat-hamil/

Leave a Reply