KPU Surabaya Sukses Gelar Sosialisasi Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019

Hupmas, SURABAYA – Untuk meningkatkan peran dan partisipasi dari berbagai elemen masyarakat, KPU Surabaya menggelar Sosialisasi Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019 yang bertempat di Hotel Santika Pandegiling, Kamis siang (07/12/2017). Peserta yang diundang dalam acara sosialisasi tersebut adalah perwakilan dari media massa, Lembaga Sosial Masyarakat (LSM), dan Organisasi Masyarakat (Ormas).

Acara yang dimulai sekitar pukul 13.00 WIB tersebut dibuka langsung oleh Ketua KPU Surabaya, Nur Syamsi dan bertindak sebagai moderator, Divisi Hukum, Purnomo Satriyo Pringgodigdo yang sukses memimpin jalannya acara sehingga acara dapat berjalan lancar dan kondusif.

Dalam acara sosialisasi kali ini, terdapat 3 (tiga) narasumber secara panelis, yaitu Choirul Anam (anggota KPU Provinsi Jawa Timur), Sunanto (Koordinator Nasional JPPR), dIMG_0486 editan Machmud Suhermono (wartawan senior).

Penyampaian materi yang pertama diberikan oleh Sunanto yang membahas tentang Peran Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pemilu. Menurutnya, peran dan partisipasi masyarakat dalam pemilu sangatlah penting karena berdasarkan pasal 1 ayat 2 UUD 1945, kedaulatan ada di tangan rakyat.

“Mengingat pemilu merupakan sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat yang dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan, adil, sehingga peran dan partisipasi masyarakat penting dilakukan untuk menjamin agar pemilu berlangsung luber dan jurdil,” tegas Sunanto.

Selanjutnya, materi beralih membahas tentang Media Massa ‘Aktor’ Politik dalam Pemilu yang disampaikan oleh Machmud Suhermono.

“Maksud dari media massa sebagai ‘aktor’ dalam pemilu, IMG_0445 edit1yaitu media mempunyai peran untuk menyebarkan informasi yang sedang terjadi, memberikan edukasi kepada masyarakat, sosial politik (yang bersinergi dengan stakeholder pemilu, KPU, bawaslu, partai politik, LSM, dan sebagainya), menjadi kepanjangan tangan aktor politik atau menjadi ‘aktor’ untuk mempengaruhi opini publik, serta mengawasi dan mengkritik rezim yang ada saat ini,” pungkas pria yang pernah menjabat sebagai Ketua Panwaslu Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Surabaya Tahun 2005 tersebut.

Tak berhenti di situ, penyampaian materi berlanjut membahas tentang Peran KPU dalam Konsolidasi Demokrasi di Indonesia. Dipaparkan oleh Choirul Anam, KPU sebagai penyelenggara pemilu memiliki beberapa peran, di antaranya adalah sebagai penguat penyelenggara pemilu, pemerkuat sistem proporsional, pemertegas sistem multi partai sederhana, pemerkuat sistem presidentialisme, pendorong keterwakilan perempuan, memberikan persaingan peserta pemilu yang adil, dan penguat administrasi kependudukan dan pemilih. (azi/esar)

Materi selengkapnya dapat diunduh di link berikut ini :Materi Sosialisasi Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019

Baca di link asal : KPU Surabaya Sukses Gelar Sosialisasi Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019

Leave a Reply