Kerap Memberikan Separuh Tablet Obat Dewasa Bagi Anak-Anak Bisa Berbahaya

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang tua yang sengaja memberikan obat yang biasanya diperuntukkan bagi orang dewasa namun mengurangi dosisnya menjadi setengah karena berpikir jika hal ini akan membuat obat ini aman dikonsumsi oleh buah hatinya. Sebagai contoh, kita bisa membagi tablet menjadi dua sebelum diberikan pada anak yang sakit. Meskipun terlihat masuk akal, pakar kesehatan menyebutkan bahwa kebiasaan ini ternyata bisa berbahaya karena dosis obat yang diberikan pada anak menjadi tidak tepat.

doktersehat-obat-pil-bekuan-darah

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa cukup sulit menakar dosis obat pada setiap orang mengingat kebutuhan dosis setiap orang memang berbeda-beda tergantung dari kondisi genetik. Karena alasan inilah ada baiknya kita selalu mempertimbangkan pendapat dokter saat jatuh sakit dan membutuhkan obat karena dokter bisa memberikan dosis yang sekiranya tepat dengan kebutuhan kita akan obat tersebut. Jika kita asal memberikan dosis obat seperti dengan membelah obat untuk dikonsumsi anak-anak, dikhawatirkan anak akan mengalami efek samping yang berbahaya atau membuat penyakitnya tidak akan sembuh.

Kondisi genetik seseorang memiliki pengaruh besar pada sistem metabolisme tubuh, termasuk dalam menyerap berbagai kandungan obat yang ditujukan untuk menyembuhkan penyakit. Untuk mengetahui apakah ada variasi genetik tertentu yang mempengaruhi hal tersebut, kita bisa melakukan pemeriksaan yang disebut sebagai warfarin indivtest.

Pemeriksaan ini bisa dilakukan sekali seumur hidup sebagai pedoman kita dalam mendapatkan obat-obat warfarin, semacam obat dengan golongan antikoagulan yang mampu mencegah terjadinya pembekuan darah. Beberapa orang yang membutuhkan obat ini adalah penderita pembekuan darah pada kaki yang disebabkan oleh thrombosis vena dalam, emboli paru, dan penderita firilasi atrium atau serangan jantung.

Hanya saja, mengingat tidak semua orang sempat untuk melakukan tes ini, ada baiknya kita mulai membiasakan diri untuk tidak sembarangan mengatur dosis obat yang akan dikonsumsi, apalagi yang akan dikonsumsi ke anak. Pastikan untuk memeriksakan kondisi kesehatan terlebih dahulu ke dokter agar bisa mendapatkan dosis obat yang tepat.

Source: http://doktersehat.com/kerap-memberikan-separuh-tablet-obat-dewasa-bagi-anak-anak-bisa-berbahaya/

Leave a Reply