Kenali Posisi Menyusui Terbaik Untuk Ibu dan Anak

DokterSehat.Com– Menyusui merupakan momen penting bagi ibu dan anak. Saat menyusui, anak tidak hanya mendapat nutrisi dari ASI, namun juga terbentuk ikatan batin antara ibu dan anak. Karena itu, penting untuk mendapatkan posisi yang nyaman bagi ibu dan anak, selain dapat mencegah pegal atau nyeri punggung, posisi perlekatan sempurna antara anak dan puting ibu juga membuat anak menghisap ASI lebih banyak. Seperti apa posisi menyusui yang nyaman bagi ibu dan anak?

doktersehat-menyusui-ibu-hamil

1. Posisi bersandar
Posisi ini merupakan posisi alami yang biasa Anda lakukan ketika menyusui bayi pertama kali. Bagi ibu, posisi ini merupakan posisi favorit karena lebih santai saat menyusui. Ambil bantal untuk dijadikan sandaran, kemudian letakkan bayi di atas perut. Posisi ini merupakan posisi yang mudah dan bisa dilakukan di mana saja.

2. Posisi menimang bayi
Posisi menimang bayi merupakan salah satu posisi paling mudah dan nyaman saat menyusui. Baringkan bayi di antara lekukan lengan Anda, setelah itu topang seluruh tubuh bayi dengan satu tangan Anda. Bisa juga ditambahkan bantal atau alas empuk di pangkuan Anda.

3. Posisi cross cradle hold
Untuk menyusui dengan posisi ini, posisikan diri Anda di tempat yang nyaman. Setelah itu letakkan bayi di atas pangkuan Anda. Jika bayi akan disusui pada payudara sebelah kiri, maka posisikan kepala bayi pada payudara kiri dengan tangan kanan untuk menopang tubuh dan leher bayi, begitu juga sebaliknya. Posisi seperti ini memudahkan Anda untuk melihat dan mengendalikan puting susu pada mulut bayi.

4. Posisi tidur miring
Posisi ini biasanya disarankan bagi ibu yang baru saja mengalami operasi caesar. Caranya, Anda cukup berbaring miring dengan posisi sejajar dengan bayi lalu arahkan kepala bayi ke arah payudara dengan sedikit meringkuk.

5. Posisi koala
Posisi ini mirip seperti koala saat sedang menyusui anaknya. Posisi ini biasanya dilakukan pada anak berusia lebih dari enam bulan, saat anak sudah bisa duduk dengan baik. Caranya, tempatkan bayi di salah satu paha dengan posisi duduk. Kemudian hadapkan bayi ke salah satu payudara lalu topang lehernya dengan lembut.

6. Posisi football hold
Lakukan posisi ini dengan mengapit bayi pada sisi tubuh di bagian bawah lengan Ada. Gunakan lengan yang sama dengan sisi payudara yang akan digunakan untuk menyusui, lalu sangga leher bayi dengan telapak tangan.

Source: http://doktersehat.com/kenali-posisi-menyusui-terbaik-untuk-ibu-dan-anak/

Leave a Reply