Kapankah Sebaiknya Kita Benar-Benar Tidak Lagi Makan di Malam Hari?

DokterSehat.Com– Makan malam adalah salah satu waktu makan yang paling dinanti, apalagi jika perut kita sudah lapar karena tenaga kita habis setelah melakukan aktifitas yang sibuk seharian. Selain itu, makan malam juga seringkali dijadikan saat yang tepat untuk berkumpul bersama dengan keluarga atau orang terkasih. Sayangnya, banyak orang yang menyebutkan bahwa makan malam bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

makan-daging-doktersehat

Menurut pakar kesehatan, meskipun makan malam memang penting bagi kesehatan, ada baiknya memang kita tidak mengkonsumsinya di jam yang terlalu larut, apalagi terlalu dekat dengan waktu tidur. Hal ini disebabkan oleh saat tidur, jam sirkadian tubuh berusaha untuk mengistirahatkan berbagai organ-organ dalam. Jika kita makan terlalu larut, maka sistem pencernaan yang sudah berada di dalam mode istirahat ini tidak benar-benar mencerna makanan dengan baik dan akhirnya membuat makanan ini disimpan sebagai lemak, bukannya diubah menjadi sumber energi. Hal inilah yang bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

Hingga saat ini, belum ada penelitian yang benar-benar mampu menentukan kapan waktu yang tepat untuk tidak lagi mengkonsumsi makanan di malam hari. Hanya saja, sebagian pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak lagi mengkonsumsi makanan sekitar 2-3 jam sebelum tidur. Hal ini berarti, jika kita terbiasa tidur pukul 22.00 malam, ada baiknya kita tidak lagi makan besar atau ngemil semenjak pukul 20.00 atau 19.00. Dengan melakukannya, maka lambung dan usus akan masih memiliki waktu untuk mencerna makanan dengan maksimal sebelum benar-benar beristirahat.

Hanya saja, sebagian pakar diet justru menyarankan kita untuk makan malam di pukul 17.00 atau 18.00 agar saluran pencernaan benar-benar bisa mendapatkan waktu yang cukup untuk memetabolisme makanan yang kita konsumsi. Kita juga disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya serat seperti sayuran dan buah agar bisa kenyang lebih lama dan tidak mudah tertarik untuk ngemil di malam hari.

Source: http://doktersehat.com/kapankah-sebaiknya-kita-benar-benar-tidak-lagi-makan-di-malam-hari/

Leave a Reply