Kapan Penis Pria Mulai Tumbuh dan Berhenti?

DokterSehat.Com – Beberapa pria mungkin kerap bertanya, mengapa ada pria yang memiliki penis dengan ukuran besar dan ada yang kecil. Selain itu, anak laki-laki yang masih seumuran kadang memiliki perkembangan penis yang berbeda. Mereka yang masih berusia belasan tahun kadang memiliki ukuran kelamin yang lebih panjang, sementara yang berusia 20-an tidak.

doktersehat-kesehatan-penis-obat-oles-Priapismus

Sebenarnya apa yang memengaruhi pertumbuhan penis pada pria? Lantas sejak kapan penis ini tumbuh dan kapan berhentinya?

Yang memengaruhi ukuran penis
Ada banyak faktor yang memengaruhi pertumbuhan penis pada pria. Salah satu faktor yang memiliki peran besar adalah genetis. Seseorang yang memiliki gen dengan penis besar seperti ras dari barat atau negro, pertumbuhan penisnya bisa berjalan dengan cepat. Sementara itu, mereka yang berasal dari Asia harus puas dengan gen penis kecil hingga sedang.

Selain gen, nutrisi yang didapatkan saat kecil hingga masa puber juga memengaruhi pertumbuhan alat vital ini. Kalau nutrisi yang didapatkan saat puber sedikit, tubuh tidak akan berkembang dengan baik mulai dari tulang hingga penis.

Pertumbuhan penis pada pria
Pertumbuhan penis pada pria sudah terjadi sejak mereka berada di dalam kandungan. Meski pertumbuhannya lambat, penis mulai terbentuk mulai dari batang hingga buah zakarnya. Pertumbuhan penis baru terjadi dengan cepat saat pria mengalami masa puber usia 12-16 tahun. Pertumbuhan dari penis akan berakhir setelah masa puber atau saat pria berusia 21 tahun atau bisa lebih bergantung pada keadaan tubuh dan hormonalnya.

Ukuran dan performa saat berhubungan seks
Ukuran penis memang memberikan rasa bangga pada pria karena ukuran dianggap mampu memberikan kepuasan pada pasangan. Sebenarnya ukuran bukanlah jaminan pria bisa hebat di ranjang. Asal pria memiliki performa yang baik saat berhubungan badan, mereka bisa memuaskan istri dan mampu membuahi wanita sehingga kehamilan bisa terjadi.

Source: http://doktersehat.com/kapan-penis-pria-mulai-tumbuh-dan-berhenti/

Leave a Reply