Kanit Sabhara Berikan Teguran Pemakaian Helm

Polres Trenggalek – Di pertigaan masuk Ponpes Hidayatulloh desa Jombok, personel Polsek Pule Polres Trenggalek Aiptu Mukani menghentikan dua anak sekolah yang mengendarai sepeda motor. Dengan diperhentikan oleh petugas keduanya masih belum menyadari tujuan di perhentikan perjalanananya, dengan sikap yang tidak menunjukan arogansi dengan nada edukatif disampaikanya pesan dalam berkendara sepeda motor di jalan raya, Jum’at ( 12/01/2018 ).

 

 

 

” Pemakaian helm sangat penting dalam melindungi kepala dari benturan yang diakibatkan dari benda keras, kita harus bisa mengupayakan perlindungan sebelum kejadian dialami. Kita mengetahui adanya resiko di jalan bila melakukan perjalanan menggunakan motor, bahaya kecelakaan akan mengintai bila pelanggaran yang diawali dari salah satunya penggunaan helm tidak di laksanakan, ” kata Kanit Sabhara Polsek Pule Polres Trenggalek Kanit Sabhara Aiptu Mukani, SH.

 

 

Suatu peraturan yang berlaku di dalam masyarakat ditujukan demi keamanan dan keselamatan masyarakat itu sendiri, walaupun adakalanya tujuan tersebut tidak dapat tercapai seperti apa yang diharapkan karena adanya penyimpangan-penyimpangan di dalam pelaksanaannya.

 

 

Pada dasarnya suatu peraturan akan muncul setelah adanya kejadian-kejadian yang dapat mengganggu keamanan dan keselamatan masyarakat sehingga demi tujuan tersebut adakalanya diperlukan peraturan baru yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Misalnya saja setiap motor dengan atau tanpa kereta samping, dilengkapi dengan helm untuk pengemudi dan penumpangnya dan penggunaan helm bagi pengendara dan penumpang sepeda motor.

 

 

Peraturan tersebut muncul tidak secara asal-asalan tanpa pertimbangan, melainkan melalui suatu proses yang panjang dimana peraturan tersebut pernah ada  tetapi kemudian hilang, setelah itu muncul kembali. Hal itu dikarenakan penegakan aturan itu tidaklah bisa dilakukan sepenuhnya. Tampaknya sekarang ini peraturan wajib helm kembali akan ditegakkan.

 

 

Meningkatnya jumlah penderita gegar otak karena kecelakaan lalu lintas akibat pemakaian helm yang cenderung asal-asalan merupakan alasan utama mengapa peraturan “helm standar” itu dikeluarkan dan sekarang ini sedang disosialisasikan kepada masyarakat.

 

 

 

Seperti kita ketahui, ketika terjadi kecelakaan atau tabrakan sangat dimungkinkan bahwa tubuh kita akan terpental. Hal tersebut bisa menyebabkan anggota tubuh ataupun kepala kita membentur benda keras. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa adanya peraturan penggunaan “helm standar” ditujukan untuk mengurangi penderita gegar otak akibat kecelakaan lalu lintas selain alasan-alasan lain yang muncul dibalik peraturan tersebut.

 

Leave a Reply