KAJATI ACEH SELEKSI DUTA SADAR HUKUM ACEH 2017

Banda aceh (04/12/2017). KAJATI Aceh Dr. Chaerul Amir, S.H., M.H. membuka kegiatan pemilihan “Duta Pelajar Sadar Hukum 2017” yang dilaksanakan di Hotel Grand Aceh Syariah, Lamdom-Banda Aceh. Kegiatan ini merupakan program kerjasama antara Kejaksaan Tinggi Aceh dan Dinas Pendidikan Aceh adalah puncak dari program Jaksa Masuk Sekolah (JMS) yang selama ini telah dilaksanakan keseluruh kabupaten dan kota se-aceh. Acara pemilihan duta pelajar ini dimulai pada pukul 09.00 wib dan dihadiri oleh 23 delegasi duta pelajar seluruh kabupaten/kota se-aceh, usur pimpinan di kejati aceh, jajaran pimpinan dinas pendidikan aceh, Kajari dan Kasi Intel se-aceh, Ketua PPMG dinas pendidikan se-aceh dan guru para pendamping duta se-aceh.

Pada kesempatan pembuka, Amir Hamzah, S.H. selaku ketua panitia melaporkan jumlah peserta dan pendamping yang mengikuti seleksi serta mengilustrasikan program JMS yang telah dilaksanakan selama tahun 2017 telah selesai dilaksanakan diseluruh kabupaten/kota se-aceh dan seleksi duta pelajar ditingkat provinsi adalah puncak dari keseluruhan program yang telah terealisasi selama ini.

Dan disaat itu pula Muslim Yacob, S.Ag, M.Pd dalam sambutannya mewakili Kepala Dinas Pendidikan Aceh menyampaikan kegiatan ini berawal dari angan-angan siswa yang menginginkan adanya pemilihan duta pelajar yang memenangkan tropi dan dipasangkan selempang. Sehingga memicu konsep spontan yang dikemas dengan ide-ide brilian Asisten Intelijen Kejati Aceh Rustam, S.H.

Menyikapi hal tersebut, Kajati mendorong kegiatan ini menjadi program unggulan bagi kejaksaan. Mengingat pemilihan duta pelajar yang mampu berorasi dan mengembangkan wawasan diatas panggung baru kali ini dilaksanakan. Dengan mengangkat tema tentang peran pelajar dalam mentransformasi hukum sebagai penguat akhlaq dan pengetahuan sejak dini akan menjadi pilot project bagi kegiatan pelajar peduli hukum yang dicanangkan Jaksa Agung RI sejak tahun 2015 silam. Bahkan Kajati berupaya untuk memboyong duta pelajar yang terpilih nantinya untuk dapat bertemu dan bertatap muka dengan Jaksa Agung RI digedung bundar jakarta. Dan nantinya akan diikuti oleh seluruh provinsi yang ada diindonesia agar suatu hari nanti akan lahir duta pelajar sadar hukum indonesia.

Dikesempatan terakhir Nasir Jamil, S.Ag yang hadir sebagai juri kehormatan dalam acara tersebut juga memberikan motivasi dan apresiasi terhadap terselenggaranya kegiatan ini. Nasir yang juga anggota komisi III DPR RI ini juga berjanji akan memberikan follow up opinion dalam rapat-rapat potensial di senayan, yang bertujuan agar bisa mewujudkan kegiatan duta pelajar sadar hukum indonesia untuk skala nasional akan terselenggara suatu hari nanti.

Source: kejati aceh

Leave a Reply