Ini Bedanya Jenis-Jenis Cokelat, Kamu Pilih yang Mana?

DokterSehat.Com– Kita tentu tahu bahwa cokelat merupakan bahan makanan yang sudah sangat sering kita konsumsi. Ada banyak sekali olahan produk coklat mulai dari kue, roti hingga minuman. Namun, biasanya cokelat paling dikenal dan banyak dijual adalah cokelat dalam bentuk batangan. Cokelat kemasan dalam bentuk batangan yang biasanya dapat langsung dikonsumsi ini ternyata memiliki beberapa jenis. Kira-kira apa anda sudah mengenal apa saja jenisnya?

doktersehat-cokelat-gemuk-manis-obesitas-kerusakan-otak

Berdasarkan jenisnya, terdapat tiga cokelat yang sudah banyak dijual dan mudah kita peroleh. Menurut hasil studi Institut Pertanian Bogor ketiga jenis cokelat ini memiliki perbedaan dari segi perbandingan kandungannya. Ketiga jenis cokelat tersebut adalah:

  • Dark Chocolate

Cokelat yang tampilannya berwarna gelap ini memiliki kandungan kakao (biji cokelat) terbanyak dibandingkan dengan jenis cokelat lainnya yaitu paling sedikit 70% kakao. Sehingga rasa dari cokelat jenis ini cenderung pahit tergantung pada berapa persen kakao yang terkandung didalamnya. Semakin tinggi persen kakao pada cokelat tersebut maka rasa yang dihasilkan semakin pahit.

  • White Chocolate

Cokelat ini umumnya ditampilkan dalam warna putih. Kandungan kakao dalam cokelat putih adalah sebesar 33% kakao. Persentase lainnya adalah terdiri dari gula, susu dan vanilla. Rasa cokelat putih sangat manis karena adanya penambahan gula pada jenis cokelat ini.

  • Milk Chocolate

Cokelat susu adalah jenis yang paling mudah kita temui di pasaran. Cokelat susu umumnya berwarna cokelat muda. Cokelat ini merupakan campuran antara kakao dan susu. Hal ini menyebabkan tekstur cokelat susu lebih lembut dibandingkan dengan cokelat jenis lain. Selain itu penambahan gula juga diberikan pada cokelat ini sehingga apabila kita memakan cokelat susu akan terasa manis dengan tekstur cokelat yang lembut.

Ketiga jenis cokelat tersebut memberikan varian rasa yang berbeda di setiap jenisnya. Nah, kira-kira mana jenis cokelat yang akan kamu pilih?

Source: http://doktersehat.com/ini-bedanya-jenis-jenis-cokelat-kamu-pilih-yang-mana/

Leave a Reply