Ini Alasan Mengapa Hidung Penuh Dengan Upil Saat Bangun Tidur

DokterSehat.Com– Kita tentu pernah mengalami kondisi dimana hidung kita penuh dengan upil saat bangun tidur sehingga membuat rasa tidak nyaman, bukan? Sebenarnya, apa penyebab dari hal ini?

doktersehat-sinus-sinusitis-tht-hidung

Pakar kesehatan spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan bernama dr. Linda Herliana, SpTHT-KL dari Rumah Sakit Permata Depok menyebutkan bahwa kondisi ini ternyata disebabkan oleh udara yang kita hirup tidak benar-benar bersih dan memiliki berbagai macam bakteri atau jamur. Saat udara ini kita hirup, maka bulu hidung dan selaput lendir di dalam rongga hidung akan bekerja keras dalam menyaring berbagai benda yang tidak diinginkan tersebut. Dengan aktifitas selaput lendir yang tinggi, maka semakin banyak selaput lendir yang akhirnya mengering dan menjadi upil dengan jumlah yang sangat banyak.

Hal ini berarti, tak hanya berada di lingkungan dengan udara yang kurang bersih, kamar yang berdebu atau penggunaan sarung bantal dan sprei yang sudah lama tidak dicuci atau dibersihkan juga bisa membuat udara yang kita hirup saat tidur penuh dengan bakteri, jamur, dan mikroba lainnya sehingga membuat produksi upil dalam hidung melimpah.

Penyebab lain dari hidung yang penuh dengan upil saat bangun tidur adalah AC yang sudah sangat lama untuk tidak dibersihkan. Tanpa kita sadari, AC juga bisa penuh dengan debu, jamur, atau bahkan tungau. Hal ini tentu membuat udara yang dikeluarkan tidak bersih.

Melihat adanya fakta-fakta ini, ada baiknya kita rajin-rajin membersihkan kamar tidur, mengganti sprei dan sarung bantal, dan membersihkan AC. Tak hanya tentang mencegah produksi upil yang berlebihan, menghirup udara yang lebih bersih tentu akan lebih baik bagi kesehatan.

Source: http://doktersehat.com/ini-alasan-mengapa-hidung-penuh-dengan-upil-saat-bangun-tidur/

Leave a Reply