Ingin Panjang Umur? Pelihara Hewan Ini Saja

DokterSehat.Com– Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan di Swedia memberikan pedoman bagi mereka yang ingin panjang umur, yakni dengan memelihara anjing. Menurut penelitian ini, disebutkan bahwa memelihara anjing bisa menurunkan resiko terkena kematian hingga 33 persen dan menurunkan resiko kematian yang disebabkan oleh penyakit kardiovaskular hingga 36 persen.

doktersehat-anjing-pet-jilatan-air-liur

Bagi mereka yang masih single, memelihara anjing bisa menurunkan resiko terkena serangan jantung hingga 11 persen. Sementara itu, bagi pasangan suami istri, resiko terkena kematian akibat dari penyakit kardiovaskular juga bisa ditekan hingga 15 persen.

Mwenyi Mubanga, salah seorang pakar kesehatan yang terlibat dalam penelitian ini menyebutkan bahwa memelihara anjing ternyata bisa memberikan efek perlindungan yang luar biasa bagi kesehatan jantung. Sebagai contoh, anjing terbiasa membawa kotoran yang ada di luar rumah dan menjilati tubuh pemiliknya. Hal ini ternyata akan mempengaruhi susunan microbiome atau bakteri di dalam usus yang memiliki peran besar bagi daya tahan tubuh. Tak hanya itu, memelihara anjing akan membuat pemiliknya memiliki kehidupan sosial yang cenderung lebih baik dan menurunkan level stress. Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika stress adalah penyebab utama dari meningkatnya resiko terkena penyakit kardiovaskular.

Pemilik anjing juga cenderung lebih sering mengajak anjingnya berjalan-jalan ke luar rumah dan mendapatkan efek positif layaknya berolahraga. Hal ini tentu akan membuat tubuh menjadi semakin fit dan bugar.

Hanya saja, pakar kesehatan di bidang virologi bernama John Oxford menyebutkan bahwa memelihara anjing juga bisa memberikan dampak negatif tersendiri sehingga pemiliknya harus benar-benar menjaga kebersihannya dengan baik. Sebagai contoh, di dalam air liur anjing terdapat bakteri capnocytophaga canimorsus yang bisa memicu infeksi yang cukup parah. Hal ini disebabkan oleh kecenderungan anjing untuk menempatkan hidungnya pada berbagai tempat yang kotor untuk mengendusnya sehingga membuat moncongnya dipenuhi bakteri, virus, dan kuman yang berbahaya.

Source: http://doktersehat.com/ingin-panjang-umur-pelihara-hewan-ini-saja/

Leave a Reply