Hobi Nge-gym? Waspadai Adanya Virus Kulit Baru Mengintai

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang kini memilih untuk pergi ke gym atau pusat kebugaran. Dengan melakukan olahraga di tempat tersebut, maka kita bisa memakai berbagai macam peralatan yang akan membantu menurunkan berat badan sekaligus membuat tubuh menjadi semakin bugar. Sayangnya, kini kita sebaiknya harus mewaspadai adanya virus kulit baru yang bisa menular dan banyak ditemukan di gym.

doktersehat-gym-fitness-olahraga

Fakta mengejutkan ini disampaikan oleh Fit Rated. Dalam penelitiannya, diketahui bahwa peralatan olahraga yang ada di gym ternyata memiliki banyak sekali bakteri. Bahkan, jumlah bakteri ini bisa mencapai 362 kali lipat dari yang bisa kita temukan di toilet. Selain itu, 70 persen kuman yang ada pada peralatan olahraga atau bahkan handuk senam di gym ini ternyata juga bisa memicu masalah kesehatan layaknya septikimia dan pneumonia.

Untuk virus kulit yang baru dan bisa menular ini, namanya adalah molluscum contagiousum. Jika kita sampai tertular virus yang berasal dari keluarga cacar ini, maka kulit akan mengalami ruam-ruam kemerahan. Khususnya pada bagian ketiak atau alat kelamin.

Bagaimana bisa kita tertular virus ini saat berada di gym. Tak hanya saat kulit kita menyentuh peralatan olahraga, handuk yang kita bawa sendiri namun kita tempatkan di tempat gantungan handuk yang juga sempat dipakai oleh oirang lain juga bisa memicu penularan. Namun, seringkali penularan ini disebabkan oleh kontak kulit dengan orang lain yang juga datang ke gym. Setelah terjangkit virus ini, kita memang tidak akan langsung terkena gejala seperti ruam-ruam kemerahan atau kutil kelamin, namun harus menunggu hingga 9 bulan lamanya.

Untuk mencegah penularan virus ini, ada baiknya kita membawa handuk dan matras yoga sendiri saat berada di pusat kebugaran. Tempatkan barang-barang tersebut pada tas atau tempat dimana orang lain jarang menempatkan barangnya. Selain itu, jangan sembarangan bersentuhan dengan orang lain di tempat tersebut.

Source: http://doktersehat.com/hobi-nge-gym-waspadai-adanya-virus-kulit-baru-mengintai/

Leave a Reply