Hati-hati, Deodoran Bisa Bikin Pria Loyo dan Impoten

IDNews.co.id – Berapa banyak produk berpewangi yang Anda pakai tiap-tiap hari? Sebut saja minyak wangi, body lotion, deodoran, bedak tabur, lipstik, shampo, sabun, dan beda sebagainya.

Tak cukup hingga di situ, bahkan keseharian kita juga menggunakan detergen, pelembut pakaian, pengharum ruang, sampai perangkat pembersih lantai.

Tak dapat dipikirkan berapakah banyak produk berpewangi kimia yang digunakan keseharian. Padahal, para peneliti mengungkap kalau produk yang memiliki kandungan bahan pewangi kimia terkait dengan lebih dari satu penyakit serius.

Anne Steinemann Ph. D., profesor tehnik sipil di Australia University of Melbourne menuturkan kalau pewangi kimia yang ada pada sekitar kita terkait dengan resiko kesehatan seperti susah bernapas, serangan asma, migrain, sakit kepala, ruam, sinus, mual, kejang, sampai lebih dari satu masalah fisik yang lain.

” Penelitian periode panjang yang saya kerjakan menemukan kalau 33 persen orang Australia mengalami migrain dan serangan sama karena terkena bau harum produk dari pengharum ruang, sampai produk perawatan badan yang mereka pakai, ” tutur Anne dilansir laman Menshealth.

Meskipun study ini terdengar berlebihan, Anne membuka suatu hal yang lebih mengerikan. Disingkapkannya kalau lebih dari satu hasil penelitian bahkan menemukan bahan phthalate (bahan kimia yang kerapkali digunakan pada deodoran, sabun dan shampo) juga memiliki efek-efek beresiko untuk kejantanan pria.

Bahkan Heather Patisaul, Ph. D., seorang profesor ilmu biologi di North Carolina State University yang pelajari dampak biologis berbahan kimia konsumen, mengungkap hal yang sama.

” Senyawa ini sudah dihubungkan dengan kelainan perubahan system reproduksi lelaki dan diduga memiliki dampak perubahan saraf, ” kata Patisaul.

Patisaul mengatakan kalau terkecuali dari phthalate, bahan kimia bau harum yang lain sudah dapat dibuktikan halangi aktivitas testosteron, yang bisa menyebabkan hilangnya daya (loyo), disfungsi ereksi (impoten), atau masalah membuat atau menjaga otot (untuk menuturkan lebih dari satu masalah yang terkait dengan testosteron rendah).

Yang lebih menakutkan sekali lagi yaitu pada tahun 2014. Program Toksikologi Nasional A. S. (NTP) keluarkan sebuah laporan tentang styrene, bahan kimia yang ditemukan dalam beragam barang mengkonsumsi, termasuk perawatan pribadi dan produk rumah tangga yang berpewangi.

NTP mengatakan kalau mereka menemukan ‘bukti kuat’ kalau styrene bisa menyebabkan kanker pada manusia. Penelitian pada hewan sudah menghubungkan styrene ke paru-paru, payudara, perut, dan kanker hati.

” Styrene terutama untuk diketahui, tetapi ada potensi ratusan bahan kimia wangi yang lain yang mungkin berwujud karsinogenik, ” kata Robin Dodson, Sc. D., seorang ilmuwan nonprofit environmental research organization di Institut Silent Spring.

Meskipun banyak orang-orang percaya kalau FDA (Food Drugs Administration) dan EPA (Environmental Protection Agency) sudah melakukan uji ketat pada keamanan produk, tetapi Robin mengatakan baiknya orang-orang tetap bijak dan lebih pintar pilih dan menggunakan produk yang aman. (ndi)

Posting Hati-hati, Deodoran Bisa Bikin Pria Loyo dan Impoten ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

Leave a Reply