Hal Yang Perlu Diketahui Mahasiswa Sebelum Memulai Bisnis Online

 

Masuk ke bisnis online atau mulai menjual barang lewat channel online seringkali berhasil mengubah hidup pelaku bisnis menjadi lebih baik, karena revenue meningkat berkali lipat (bukan hanya %).

Apa yang harus diketahui dan dipersiapkan oleh teman-teman mahasiswa jika ingin menjadi pebisnis online yang baik ?

 

Ketahui Keuntungan dan Kelebihan Bisnis Online dibandingkan Bisnis Offline

Begitu banyak keuntungan jika teman-teman masuk ke bisnis online, antara lain :

  • Dengan channel digital lebih cepat untuk mengetes produk dan lebih murah, kalau bisnis offline bagaimana ? perlu sewa ruko (100 juta+) selama 1 tahun untuk tahu barang Anda laku apa tidak ? di online cuma hitungan minggu dengan budget di bawah 2 juta juga bisa.
  • Jangkauan market yang otomatis lebih besar
  • Bisa menghubungi lagi calon customer (visitor website atau fanpage) yang datang tapi tidak beli, yang sudah beli pun bisa diberikan special offer supaya lebih sering beli
  • Scalability (efisien) : sekali Anda memposting promosi, yang melihat banyak (Facebook/Instagram/Twitter)
  • Kirim email blast (berkomunikasi dengan existing customer) bisa puluhan ribu dalam hitungan menit, kalau di offline kita hanya bisa menelpon mungkin 40-50 x sehari dengan biaya dan effort jauh lebih besar
  • Banyak kemudahan di mata customer karena bisa memilih banyak produk di 1 tempat
  • Pedagang tidak perlu punya / menyetok produk. Bahkan Lazada yang sebesar itu di 6 bulan pertama dimulai tanpa stock barang.
  • Lebih targeted dan measurable

Ketahui Bahwa Hampir Semua Jenis Bisnis Yang Bisa Dijual Di Online

Tahun 2009 orang Indonesia bilang “jualan online tidak mungkin besar di Indonesia karena orang Indonesia harus lihat barang dulu baru mau membeli.

Hanya orang-orang Venture Capital Jepang yang bilang “dulu tahun 1997 orang Jepang juga bilang begitu, kenyataannya tahun 2000 ke atas di Jepang ecommerce mulai tumbuh, di Indonesia juga akan sama”

Akhirnya banyak ecommerce besar di Indonesia mendapatkan pendanaan awal dari Jepang seperti Tokopedia dan Bukalapak, karena orang Jepang menjalankan metode “time machine”, yang sudah besar di Jepang tahun 2000 di bawa ke Indonesia tahun 2010.

Tahun 2010, banyak yang bilang perbankan tidak bisa dibawa ke online karena aturan bank ketat dan transaksi harus ke teller counter.

Kenyataannya di tahun 2017 banyak yang meramalkan dalam 5 tahun perbankan akan punah oleh fintech dan cryptocurrency.

Restoran juga bisa di promosikan di internet dengan sangat targeted.

Cimol, kentang goreng kekinian, juga bisa

 

Pahami Bisnis Model Untuk Bisnis Online

Toko online yang mengambil barang dari supplier (atau toko online lain/toko di marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Lazada) lalu mendapat profit dari menjualnya langsung ke customer

Financial technology (fintech) marketplace financial seperti cekaja.com yang mengumpulkan berbagai macam kredit bank di satu tempat dan customer bisa membandingkan berbagai macam bunga kredit dan fasilitas kredit dengan mudah, dan mengambil profit dari komisi pemberian kredit.

Portal perbandingan harga seperti pricearea, Priceza yang meng-aggregate banyak barang dan harga dari berbagai toko online (termasuk marketplace lain) yang mendapatkan profit dari keuntungan per click dari toko online yang ingin mendapatkan visibilitas lebih di portal Anda.

Mobile app belajar bahasa seperti Bahaso, Mirai yang membuat mobile app pelajaran bahasa Inggris (atau bahasa apapun) dan mendapatkan profit dari iklan di aplikasi atau biaya upgrade membership (in app purchase).

Portal financial technology (fintech) peer to peer lending seperti Modalku.com, Akseleran.com yang mengumpulkan pemilik dana untuk menabung dengan bunga lebih tinggi dari bank konvensional, dan menyalurkannya ke pengusaha yang butuh kredit dengan sifat dan risiko kredit lebih tinggi dari kredit bank konvensional (bisa tanpa jaminan aset). Mengambil profit dari selisih bunga.

Portal aggregator logistik seperti pickpack.id, yang mengumpulkan berbagai vendor logistik / pengiriman seperti JNE, RPX, TIKI dan memudahkan customer membandingkannya dan memesannya di satu tempat.

 

Pahami Perbedaan Pipe dan Platform dalam Bisnis Digital

Mau tahu apa rahasia yang kaya semakin kaya ?

Apa rahasia menciptakan ketidakseimbangan ekonomi dan pendapatan ? (terlihat begitu buruk dan sangat kapitalis, tetapi memang begitu adanya)

Jawabannya adalah platform.

Linear pipe bisnis model adalah seperti bisnis model konvensional umumnya :  Produsen melakukan nilai tambah pada barang dan mengkontrol proses sampai konsumen.

pipe

linear pipe

 

Sedangkan “Platform” adalah penengah antara produsen dan konsumen.

platform bisnis online

13 dari 30 global brand adalah platform, yang mencapai posisi global brand dalam waktu jauh lebih cepat daripada brand yang non platform

Platform di bisnis online

cara bisnis online

Platform menjadi lebih cepat besar daripada pipe karena tidak terbebani biaya produksi.

Platform akan mengalahkan produk / service :

  • Apple mengalahkan Microsoft Zune, Sony PSP, Garmin GPS
  • Uber mengalahkan Ford, BMW, Nissan
  • Gojek mengalahkan Blue Bird
  • Airbnb mengalahkan hotel
  • Facebook mengalahkan Fox News, Times, Walt Disney
  • Amazon mengalahkan Blockbuster, Time Warner

Kebanyakan startup unicorn adalah platform.

Bisnis model pipe biasanya mengantarkan Anda ke bisnis ratusan juta sampai miliaran.

Tetapi bisnis model platform punya potensi ke triliunan.

kebanyakan unicorn adalah platform

Pahami perbedaan startup digital dan UKM dalam bisnis online

Anda harus tahu, “game” Anda yang mana ?

Mungkin Anda sering melihat orang sukses seperti William Tokopedia atau Nadiem Gojek membagikan tips sukses, tetapi Anda harus tahu apakah game Anda saat ini sama dengan mereka ?

Teman-teman perlu tahu perbedaan startup teknologi dan UKM.

  1. Startup teknologi (Contohnya tokopedia, gojek, jenius) — sifatnya memecahkan masalah yang besar, ada tahap product market fit, apakah benar solusi yang ditawarkan mau dipakai customer ? ada investor, ada barrier to entry atau long term defensible, kuat di technology, hanya kurang dari 1% penduduk Indonesia yang bisa membuat startup techology, dan harus sangat kuat di technology. Kebanyakan merupakan “platform”.
  2. UKM Bisnis online — lebih kental jualannya daripada solving problem, jualan produk yang demandnya sudah proven, barrier to entry kecil atau tidak ada. Jenis bisnis ini untuk semua orang. misalnya beli baju dari tanah abang, jual di Tokopedia, OLX, Lazada atau instagram.

Kuasai Digital Marketing Dulu Sebelum Memulai Bisnis

Kadang banyak yang ingin berbisnis online, tetapi tidak tahu mau jualan apa, tidak ada ide bisnis untuk mensolve problem yang Anda sudah miliki kompetensinya.

Hal ini bisa membantu Anda membuat progress dalam rencana bisnis Anda walaupun Anda belum menemukan produk untuk dijual.

Semua jenis bisnis baik pipe atau platform, baik itu bisnis offline atau online : Gojek, Tokopedia, BatikKultur, Voyej (brand fashion) punya kesamaan semua kok : kalau digarap digital marketingnya dengan serius, omzet bisa naik berlipat-lipat.

Jadi kenapa tidak belajar digital marketing sebelum dapat ide bisnis ?

 

 

Pahami Perbedaan Jualan di Channel Social Media dan Search Engine

Social media seperti Facebook, Instagram, Twitter memiliki perbedaan signifikan dengan search engine. Simplenya seperti di bawah ini :

perbedaan jualan online google dan facebook

Contoh singkatnya, misalnya Anda jualan ”

Bunga Papan, Diskon 90% Minggu Ini Saja” … atau “Jasa Detektif Diskon 90%”

Anda iklankan ke Facebook, apakah Ada yang beli ? Bisa-Bisa Tidak ada, karena di social media, audience Anda adalah audience yang sedang tidak mencari barang Anda. Kalau barang Anda seperti bunga papan atau jasa detektif, bukanlah barang impulsif yang biasa dijual di social media, tetapi channel jualannya adalah search engine / Google.

 

Ketahui Karakter Produk Yang Laku dijual Online

Jika Anda ingin “meng-exploit” channel online sebesar-besarnya untuk keuntungan Anda, maka Anda harus tahu karakter dari produk yang laku dijual online, terutama jika Anda masuk ke jenis bisnis online “Pipe”.

Tentang cara mencari produk untuk dijual online, bisa Anda baca di :

3 Jenis Produk Untuk Dijual Online Yang Perlu Diketahui Para Dropshipper

Source: https://buattokoonline.id/Perlu-Diketahui-Mahasiswa-Sebelum-Memulai-Bisnis-Online

Leave a Reply