Facebook Jadi Media Sosial Orang Tua, Kenapa?

IDNews.co.id – Facebook jadi sosial media orangtua saat ini semakin jadi fakta. Sosial media garapan Mark Zuckerberg itu saat ini semakin tak disenangi oleh remaja masa saat ini.

Temuan dari firma penelitian pasar eMarketer tunjukkan, pengguna remaja meninggalkan Facebook lebih cepat dari perkiraan firma itu. Demikian sebaliknya saat remaja tak ingin menggunakan Facebook, kelompok orangtua jadi semakin menyukai Facebook.

Sebelumnya, eMarketer memprediksikan Facebook akan ditinggalkan sedikitnya 2 juta pengguna umur 24 tahun dan lebih muda pada 2018. Namun perkiraan itu meleset.

” Tahun ini, untuk pertama kalinya, kurang dari setengah pengguna internet muda AS dari umur 12 hingga 17 akan menggunakan Facebook pada perangkat apapun yang mereka, sedikitnya sekali per bulan, ” catat eMarketer dalam laporannya di situs (blog) perusahaan diambil PCMag, Selasa 13 Februari 2018.

Menurut kajian firma itu, untuk pasar Amerika Serikat Facebook selalu tumbuh, dan yang menggerakkan perkembangan itu yaitu kelompok orangtua.

Facebook.

Untuk tahun ini, Facebook diprediksikan akan memiliki 169, 5 juta pengguna di Amerika Serikat, naik kurang dari 1 persen dari 2017. Namun pada waktu yang sama, jumlah pengguna Facebook di AS yang berumur 11 dan lebih muda diprediksikan anjlok hingga 9, 3 persen. Sedangkan pengguna Facebook di AS berumur 12 hingga 17 tahun, akan alami penurunan 5, 6 persen, untuk pengguna berumur 18 hingga 24 tahun juga trennya diprediksikan seirama, turun 5, 8 persen.

Terakhir ini, Facebook memang mulai membidik pengguna muda. Sosial media itu melaunching Messenger Kids, aplikasi pertama yang khusus untuk anak-anak. Namun dalam perubahannya, aplikasi spesial anak-anak ini dikritik keras oleh pemerhati anak. Facebook dituding menggunakan Messenger Kids untuk memproduksi data perubahan kesehatan anak-anak.

Firma itu menjelaskan, pengguna remaja dan muda Facebook tidak seluruhnya berpindah ke Instagram.

” Tidak segala pengguna Facebook (khususnya muda dan remaja) bermigrasi ke Instagram, ” catat eMarketer.

Instagram

Sedangkan sosial media beda punya Facebook, Instagram, diprediksikan akan semakin muda. eMarketer memprediksikan pada tahun ini, Instagram akan mendapatkan penambahan 1, 6 juta pengguna umur 24 tahun dan lebih muda. Pada 2018, diprediksikan pengguna Instagram dapat melonjak 13, 1 persen jadi 104, 7 juta pengguna. (ndi

Posting Facebook Jadi Media Sosial Orang Tua, Kenapa? ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

Leave a Reply