Dishub Mulai Kaji Pengaturan Motor

IDnews.co.id – Terkait sudah diperbolehkannya sepeda motor melintas di jalan Thamrin hingga Medan Merdeka Barat, Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan tetap mengkaji pengaturan sepeda motor melintas dikawasan tersebut. Sebab selama ini, dengan adanya aturan tersebut tingkat kecelakaan maupun kendaraan yang melintas relatif lancar.

Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Sigit Widjiatmoko mengatakan, kendaraan roda dua di Jalan MH Thamrin-Merdeka Barat memang sudah bebas melintas lantaran rambu-rambu pelarangan sudah dicabut. Namun demikian kata Sigit, pihaknya bersama stake holder terkait, kepolisian, akademisi dan pengguna jalan akan membahas langkah selanjutnya mengatasi jalan MH Thamrin yang sebelumnya cukup tertib dengan adanya pembatasan lalu lintas.

“Ya nanti akan kita dibahas dalam forum lalu lintas terkait strategi lanjutan pengendalian lalu lintas di Jalan MH Thamrin itu,” kata Sigit, di Balai Kota, Jumat (12/1/2018).

Sigit menjelaskan, sebelum ada bahasan setelah Mahkamah Agung (MA) membatalkan peraturan Gubernur (Pergub) 195 Tahun 2014 soal pembatasan lalu lintas sepeda motor di kawasan Thamrin hingga Merdeka Barat, pihaknya tidak akan terburu-buru menyatakan strategi lanjutan.

Menurutnya, layanan angkutan umum berikut fasilitasnya jangan sampai menurun pasca diperbolehkanya kembali roda dua melintas di Jalan MH Thamrin. “Nah itu harus dibahas kembali. Kalau Dinas Perhubungan sendiri ya tetap fokus dan percepat peningkatan layanan angkutan umum. Jangan sampai pengguna TransJakarta iri dengan motor yang melintas dan akhirnya memilih naik motor,” ungkap diaq.

Dia menjelaskan, banyak usulan yang sudah diterima, tetapi tetap harus memperhatikan bagaimana supaya semua pihak tidak rmerasa dirugikan. “Usulan banyak, minta dibuat jalur khusus sepeda motor maupun ganjil genap seperti mobil”, tegas Sigit. (pas)

Posting Dishub Mulai Kaji Pengaturan Motor ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

Leave a Reply