Diktator Mugabe Tolak Mundur, Parlemen Mulai Memakzulkan

IDNews.co.id – Partai-partai di Zimbabwe mulai sistem untuk memakzulkan Presiden Robert Mugabe. Proses ini dimulai pada Selasa (21/11/2017).

Diambil dari laman BBC, juru bicara Partai Zanu PF membetulkan, sistem itu akan mulai di parlemen pada hari ini. Proses itu di perkirakan menelan saat sampai dua hari.

Diktator Zimbabwe yang berumur 93 tahun itu dituding melakukan penyalahgunaan kekuasaan sejak berapa lama, termasuk menyalahi konstitusi dengan mempersiapkan istrinya Grace Mugabe sebagai pengganti tanpa sistem yang konstitusional.

Sebelumnya, militer setempat melakukan kudeta. Walau hal itu diklaim militer bukanlah kudeta pemerintahan, akan tetapi pengambilalihan sementara untuk mengamankan Presiden Mugabe dan keluarganya.

Sementara itu, pada Minggu (19/11/2017), pernyataan mengejutkan keluar dari Mugabe yang menolak untuk mengundurkan diri, walau mengalami tekanan disana-sini. Oleh lantaran itu, parlemen akan melakukan usaha pemakzulan pemimpin yang sudah berkuasa lebih dari tiga dekade itu.

” Dia benar-benar pria keras kepala. Sebenarnya dia dengar, rakyat minta dia mundur. Namun, dia menolak menuruti suara rakyat itu, ” kata anggota parlemen, Paul Mangwana. (ndi)

Posting Diktator Mugabe Tolak Mundur, Parlemen Mulai Memakzulkan ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

Leave a Reply