Cemaskah Hamil Muda di Usia 20-an?

IDNews.co.id – Kehamilan bintang reality show, Kylie Jenner, jadi berita panas di awal pekan. Warganet banyak yang mengkhawatirkan umur muda Kyle yang dirasa belum juga siap untuk berbadan dua.

Meski belum ada pernyataan resmi terkait kehamilan adik jenis Kendall Jenner itu, kabarnya telah jadi viral serta hangat di telinga warganet. Berkaitan dengan itu, banyak yang mempertanyakan kesiapan gadis berumur 20 tahun untuk dapat mengandung janin itu.

” Selama wanita telah pubertas, berarti organ intimnya memang telah siap untuk mengandung janin, ” tutur spesialis Obgyn, dr. Med. Firman Santoso, Sp. OG., di lokasi Senayan, Jakarta, seperti dilansir Viva.

Menurut Firman, tak ada yang butuh dikhawatirkan waktu seorang wanita muda, berumur 20 tahun, mulai hamil. Dengan fisik, tubuhnya telah siap. Cuma saja, Firman mengkhawatirkan kesiapan psikis.

” Psikisnya yang harus jadi perhatian, karena mengandung janin itu butuh kesiapan fisik serta psikis. Dampak berbahaya dengan fisik tak ada, mungkin saja cuma pre eklampsia yang dikaitkan dengan umur kehamilan yang makin muda, ” bebernya.

Meski dampaknya dengan fisik tidak besar serta beresiko, mempunyai kandungan janin di umur muda mesti mencermati dampak pada psikis. Sehingga, diperlukan satu edukasi seks yang harus diberi pemahamannya pada anak sejak awal.

” Saat anak telah pubertas, sekitaran 14 tahun, jangan malu untuk visit ke spesialis kandungan. Hal ini untuk berikan pemahaman kalau kehamilan yaitu hal yang penting direncanakan dan meminimalisir angka HIV AIDS pada golongan muda, ” tutur dokter yang praktik di RS Brawijaya, Jakarta itu. (ndi)

Posting Cemaskah Hamil Muda di Usia 20-an? ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

Leave a Reply