Cara Mengatasi Perubahan Mood dan Emosi Berlebih saat Menstruasi

DokterSehat.Com – Sudah menjadi rahasia umum kalau wanita yang emosinya terlalu meledak-ledak atau mood kerap berubah biasanya sedang atau akan haid. Saat siklus bulanan datang, wanita jadi susah mengendalikan amarahnya sehingga kerap marah, sensitif dengan keadaan, dan selalu tampak murung atau sedih padahal awalnya biasa saja.

doktersehat-sakit-peut-mens-pms

Nah, kira-kira mengapa bisa menjadi seperti ini ya? Adakah cara untuk mengatasi perubahan mood yang terlalu sering atau emosi berlebih pada wanita yang sedang menstruasi?

Penyebab emosi dan mood berubah pada wanita menstruasi
Emosi yang terjadi pada wanita yang sedang menstruasi dipengaruhi oleh hormon yang bernama estrogen. Saat menstruasi, kandungan ini jadi banyak dan menyebabkan kadar reseptor serotonin pada otak meningkat. Dampaknya, wanita jadi cenderung memiliki perasaan tidak nyaman dan emosi yang labil sebelum atau saat menstruasi berjalan.

Selain perubahan emosi dan mood, hormon yang berubah pada tubuh wanita juga menyebabkan nafsu makan bertambah, berat badan naik, dan nafsu untuk berhubungan seksual meningkat. Gejala ini akan muncul sekitar beberapa hari saat siklus menstruasi datang dan membaik seiring dengan berjalannya waktu.

Cara mengatasi perubahan emosi dan mood
Ada banyak cara untuk mengatasi perubahan mood dan juga emosi yang meluap-luap. Anda yang sedang akan menstruasi bisa melakukan beberapa hal di bawah ini.

  • Saat emosi datang dan menyebabkan Anda sering tidak enak dengan orang yang ada di sekitar, coba lakukan olahraga rutin. Aktivitas ini akan membakar energi sehingga rasa marah juga akan sirna.
  • Ubah pola makan jadi rendah gula dan banyak konsumsi buah dan sayur.
  • Minum air putih paling tidak 6-8 gelas air.
  • Perbanyak konsumsi nutrisi seperti kalsium, Vitamin D, Vitamin B6, dan magnesium.
  • Lakukan aktivitas menyenangkan yang dapat mengurangi ketegangan dan meredakan stres.

Source: http://doktersehat.com/cara-mengatasi-perubahan-mood-dan-emosi-berlebih-saat-menstruasi/

Leave a Reply