Apakah Otak Orang Cerdas Memang Benar-Benar Lebih Encer?

DokterSehat.Com– Kita tentu sering mendengar istilah yang dipakai oleh banyak orang untuk menyebut orang yang cerdas atau jenius sebagai pemilik otak yang encer. Mengingat yang kita tahu otak memiliki bentuk yang padat namun sedikit kenyal. Kita pun kemudian bertanya-tanya apakah sebenarnya otak milik orang cerdas memang lebih encer daripada otak orang yang tidak cerdas?

doktersehat-penyakit-alzheimer-tumor-otak-bakteri-Naegleria-Fowleri-Ginkgo-Biloba

Pakar kesehatan dr. Eko Budidharmaja menyebutkan bahwa otak encer sebenarnya hanyalah kiasan saja bagi mereka yang cerdas. Munculnya istilah ini diduga disebabkan oleh kecenderungan kita yang menganggap hal-hal yang encer cenderung bisa bergerak dengan lebih lancar jika dibandingkan berbagai hal lain yang lebih padat. Namun, dalam hal kepadatan atau tekstur, otak orang yang cerdas ataupun yang tidak sebenarnya sama saja, tidak ada yang lebih encer dari yang lain.

Untuk menilai kecerdasan seseorang, pakar kesehatan masih berpedoman pada IQ, EQ, ESQ, dan lain sebagainya. Sementara itu, yang menentukan seseorang cerdas atau tidak juga cukup banyak, baik itu minat seseorang dalam belajar, pendidikan apa saja yang telah Ia tempuh, atau bahkan pola makan yang mendukung kesehatan otak.

Hanya saja, otak ternyata juga bisa menyusut ukurannya. Biasanya hal ini terjadi pada orang yang lanjut usia dan disebut sebagai atrofi. Penyusutan otak inilah yang membuat orang tua mengalami masalah demensia atau alzheimer yang kerap kita sebut sebagai pikun. Kondisi penyusutan otak ini ternyata wajar terjadi dan bisa mulai muncul di usia yang bervariasi. Namun, seringkali kondisi ini mulai terjadi di atas usia 60 tahun.

Jika anda tidak ingin terkena penyusutan otak di usia tua, ada baiknya sejak usia muda rajin-rajin melakukan olahraga asah otak atau rajin membaca buku, koran, dan lain sebagainya. Dengan melakukannya, maka otak akan terjaga kesehatan dan kecerdasannya.

Source: http://doktersehat.com/apakah-otak-orang-cerdas-memang-benar-benar-lebih-encer/

Leave a Reply