Anies Resmikan Pasar Senen yang Terbakar 2014

IDNews.co.id – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan memiliki Pasar Besar Senen Blok III dan Pasar Rakyat di Kecamatan Senen, Jakarta Pusat, Jumat 29 Desember 2017. Lokasi pasar punya PD Pasar Jaya ini adalah pasar yang terbakar pada 19 Januari 2014.

Selain Pasar Senen Blok III dan Pasar Rakyat, orang nomor satu di ibu kota ini memiliki dengan simbolis empat pasar rakyat yang lain. Empat pasar itu merupakan Pasar Cahaya, Pasar Bidadari, Pasar Cawang Kavling, dan Pasar Karet Belakang (Karbela).

” Dengan mengatakan Bismillahirrohmanirrohim. Jadi pasar rakyat di Pasar Cahaya di Jakarta Utara, Pasar Bidadari dan Pasar Cawang Kavling di Jakarta Timur, pasar Karbela di Jakarta Selatan juga Pasar di Blok III Senen Jakarta Pusat yang sudah usai diremajakan dengan ini saya nyatakan resmi digunakan, ” kata Anies saat memiliki lima pasar sekalian di Pasar Senen Blok III, Jakarta Pusat, Jumat (29/12/2017).

Anies mengatakan, dengan peresmian ini, dia mengharapkan keberpihakan pemerintah pada warga Jakarta, khususnya pelaku usaha kecil dan menengah. Ia menitipkan sejumlah pesan pada PD Pasar Jaya dan para pedagang yang ada.

Anies meminta supaya pasar rakyat dengan rencana modern ini lebih efektif dan harga barangnya juga terjangkau. Sebab, Pasar Senen jadi diantara satu maksud utama warga dan wisatawan dari dalam dan luar negeri saat datang ke Jakarta.

Lalu, dia meminta semuanya pemangku keperluan atau stakeholder memelihara pasar itu supaya tetap tertangani dan selamanya memelihara kebersihan supaya pengunjung terasa nyaman, hingga pengunjung selalu ramai.

Berkat ada pasar rakyat juga, Anies meminta PD Pasar Jaya untuk selalu mendukung Pemprov DKI untuk mewujudkan ketahanan pangan dan memelihara kestabilan harga kebutuhan bahan pokok. Terutama di hari-hari atau periode riskan, yaitu pada bulan Ramadan, Lebaran, tahun ajaran baru dan akhir tahun.

” Saya mengharapkan, dengan tempat baru ini ayah ibu dapat berdagang dengan baik, laku selalu, pasarnya ramai, keluarganya bahagia. Anak-anaknya sekolahnya maju dan Insya Allah lebih sejahtera, ” tuturnya.

Pasar komersial punya Pemerintah DKI Jakarta melalui PD Pasar Jaya ini memiliki luas tempat 17. 086 meter persegi dan bangunan pasar didirikan seluas 13. 582 meter persegi.

Bangunan yang terdiri atas tujuh lantai diperlengkapi dengan sarana yang mumpuni. Di lantai semi lantai dasar los ada tempat usaha jumlah 385 unit, lantai semi lantai dasar kios dengan jumlah tempat usaha jumlah 553 unit, dan lantai basic dengan jumlah tempat usaha jumlah 777 unit.

Disamping itu, lantai 1 dengan jumlah tempat usaha 806 unit, lantai 2 dengan jumlah tempat usaha 807 unit, lantai 3 dengan jumlah tempat usaha jumlah 203 unit, di lantai 5 dan lantai 6 ada fasilitas beribadah dan area mechanical engineering (ME).

Pasar rakyat dengan rencana modern ini akan buat pengunjung makin nyaman untuk belanja. Diluar itu, terlihat diperlengkapi dengan sarana toilet sekelas mal. Lalu, ada juga parkir kendaraan jumlah 340 unit. Bangunan pasar juga sudah sesuai standard nasional Indonesia (SNI) yang diperlengkapi fire sprinklers, hydrant air, CCTV dan yang lain. (ndi)

Posting Anies Resmikan Pasar Senen yang Terbakar 2014 ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

Leave a Reply