Anak Kecanduan Gadget, Ini Solusinya

IDNews.co.id – Di masa saat ini, gawai sudah jadi solusi untuk para orangtua supaya si kecil dapat duduk manis. Kenyataannya, pemakaian gawai yang sering jadi candu itu, buat si kecil tak sempat merasakan kebosanan.

Padahal, rasa jemu begitu diperlukan si kecil yang tetap dalam langkah tumbuh kembang. Sebab, rasa jemu yang hinggap, sanggup mengakibatkan si kecil untuk berpikir kreatif.

” Jemu itu hal positif untuk anak. Dengan jemu, dia akan buat suatu hal supaya rasa bosannya, di situ dia terstimulasi. Kalau diberi gawai, itu cuma akan buat otaknya tidak terstimulasi, ” tutur Pendiri dan CEO, Family Online Safety Institute, Stephen Balkam, ditemui di kawasan Jakarta Pusat.

Di segi beda, tak sedikit orangtua yang pilih jalan praktis dengan berikan anak gawai supaya tidak butuh repot-repot mengasuhnya. Bahkan, banyak orangtua yang tidak mengerti saat anak mulai kecanduan gawai.

” Banyak orangtua yang belum sadar seandainya anaknya kecanduan gadget, karena kecanduannya masih di langkah awal. Dengan mencekoki anak permainan di gadget sehari-hari tanpa batasan saat, setiap saat dapat buat emosi anak bertambah dan ini sudah parah kecanduannya, ” tutur Komisi Perlindungan Anak Indonesia, Margaret Aliyatul, di peluang yang sama.

Margaret menjelaskan kecanduan pada anak mesti dibatasi sejak awal. Dimulai dari orangtua yang ingin berupaya berhubungan bersama anak supaya gawai tak lagi jadi hal yang menarik untuk anak.

” Ini yang mulai mesti diperhatikan, pentingnya kurangi saat bermain gawai pada anak. Mulai kasih permainan riil yang lebih menarik atau ajak anak turut aktivitas menarik di sekolahnya, ” kata dia. (ndi)

Posting Anak Kecanduan Gadget, Ini Solusinya ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

Leave a Reply