Aktif Secara Seksual, Rawan Terkena Kanker Serviks

IDNews.co.id – Sampai sekarang, kanker serviks masih tetap menjadi diantara satu ancaman serius untuk beberapa wanita. Data dari Riskesdas Kemeneterian Kesehatan tahun 2013, mengatakan kalau minimal ada 98. 892 pasien kanker serviks di Indonesia.

“Sekitar 70 hingga 75 persen, mereka yang aktif secara seksual berpotensi tinggi meningkatkan kanker serviks, ” dr. Dyana Safitri Velies, Sp. OG, M. Kes, Spesialis Obgyn Siloam Hospital Lippo Karawaci, seperti dilansir Viva.
Kanker serviks yang disebabkan oleh Human papilloma virus (HPV) ini palong mudah diserang pada mereka yang aktif dengan cara seksual. dr. Dyan menambahkan, pengetahuan serta edukasi tentang bahaya kanker serviks dan paradigma salah yang mengatakan kalau kanker serviks cuma berlangsung pada wanita usia lanjut, makanya mereka yang datang kerap dalam tingkat lanjut.

” Karena tidak lakukan deteksi awal, cukup banyak pasien yang datang dalam kondisi stadium lanjut, ” kata dia.

Perlu diketahui buat kanker serviks berlangsung pada wanita dengan semua umur. Untuk itu kontrol pap smear butuh dikerjakan sejak awal. Guna mencegah serta penanganan Dyana Safitri kembali mengingatkan kalau ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

” Ada Iva, pap smear serta terakhir ini ada HPV DNA. Deteksi dini ini dapat juga dilakukan mulai dari puskesmas, jadi masih begitu terjangkau buat tetaplah sehat, ” tambah Dyana Safitri Velies. (ndi)

Posting Aktif Secara Seksual, Rawan Terkena Kanker Serviks ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

Leave a Reply